Agar Tak Hilang Ditelan Zaman : Tim PMT UNITRI Memperkenalkan Makanan Opak Ladu Melalui Pemasaran Digital - Media Literasi

Home / BERITA / EKBIS

Sabtu, 15 Februari 2025 - 10:52 WIB

Agar Tak Hilang Ditelan Zaman : Tim PMT UNITRI Memperkenalkan Makanan Opak Ladu Melalui Pemasaran Digital

 

MEDIALITERASI.ID |NGATANG – Kelompok 18 Pengabdian Masyarakat Tematik (PMT) Angkatan 2 Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) berhasil melaksanakan program Pemasaran Digital untuk meningkatkan jangkauan pemasaran UMKM Ladu di Dusun Laju, Desa Banjarejo, Kecamatan Ngantang, Kamis (13/2/2025)

Kegiatan ini berlangsung selama satu bulan, mulai dari 20 Januari hingga 20 Februari 2025. Kegiatan pendampingan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Ibu Dewi dan Ibu Jumiati sebagai pemilik dan pengelola UMKM Ladu.

Tim PMT Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, yang terdiri dari sembilan mahasiswa Program Studi Agribisnis, dipimpin oleh Fransiska Febryanti Dias dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Tirta Yoga, S.P., M.P., C.EML. Program ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan UMKM Ladu melalui pemanfaatan platform digital.

Sebelumnya, UMKM Ladu menghadapi kendala dalam pemasaran karena masih mengandalkan metode penjualan tradisional tanpa memanfaatkan media digital. Akibatnya, produk ladu tidak dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca Juga  Prabowo Subianto Resmi Umumkan Kenaikan Pajak

Untuk mengatasi permasalahan ini, Tim PMT Unitri melakukan pendampingan secara bertahap. Tahap pertama adalah analisis situasi, di mana tim melakukan analisis menyeluruh terhadap kondisi UMKM Ladu, termasuk produk yang ditawarkan, target pasar, serta kompetitor. Analisis ini menjadi dasar dalam perencanaan strategi pemasaran.

Selanjutnya, tim merancang strategi pemasaran digital yang mencakup pemilihan media sosial, pembuatan konten, dan penentuan target audiens. Dalam prosesnya, tim membantu dalam pembuatan berbagai konten digital yang menarik dan informatif, seperti foto produk berkualitas tinggi, video promosi, dan konten edukatif seputar produk Ladu. Kemudian Tim PMT memberikan pelatihan serta pendampingan kepada pemilik UMKM dalam mengelola akun media sosial, termasuk pembuatan postingan, interaksi dengan pelanggan, serta pemantauan performa pemasaran.

Baca Juga  Pedagang Setu Babakan Timur Mendapatkan Bantuan Kearifan Lokal Dari Kementerian Sosial RI

Ibu Jumiati, selaku pemilik UMKM Ladu, mengungkapkan manfaat yang dirasakan dari program ini. “Kami sangat terbantu dengan adanya program ini karena selama ini kami melakukan penjualan secara langsung ke agen atau distributor yang langsung mengambil ladu ke tempat kami. Dengan adanya program ini kami jadi terbantu dalam memasarkan ladu menggunakan media online seperti Facebook, TikTok, dan Instagram,” ujarnya.

Selain pendampingan pemasaran digital, Tim PMT juga memberikan bantuan berupa dua oven untuk meningkatkan kapasitas produksi Ladu. Selain itu, tim juga membuat banner toko sebagai media promosi agar usaha semakin dikenal oleh masyarakat. [Tim]

Share :

Baca Juga

BERITA

Kapolri Tetapkan Status Gugur dan Berikan KPLB Anumerta Terhadap 3 Personel Terbaiknya

BERITA

Soroti Tender Ramadan Fair, Massa HIPMASU Minta Poldasu dan Kejatisu Periksa Pemenang Tender

BERITA

Tinjau Perbaikan Ruas Jalan Nasional Batu Jomba, Bobby Nasution Minta Jalur Aman Dilalui Pemudik

BERITA

Artis Senior Mat Solar Tutup Usia

BERITA

Masyarakat Antusias Saat Kapolri Turun Langsung Berbagi Takjil

BERITA

Tim Gabungan Buka Akses Jalinsum Siantar-Parapat

BERITA

Bantahan Terdakwa Keluar Dari Substansi Perkara

BERITA

Ketua Komisi Satu DPRK Tajuddin Kecam Tindakan Pembunuhan Oknum TNI AL Terhadap Warga Aceh Utara