Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
IAIN Lhokseumawe Wisudakan 751 Mahasiswa tahun akademik 2022/2023, 115 diantaranya Berpredikat Cumlaude, Gedung Serba Guna  Rabu (12/10/2022)

LHOKSEUMAWE – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe melakukan prosesi wisuda dalam dua sesi secara tatap muka kepada 751 mahasiswa Pascasarjana dan Sarjana angkatan ke VI Tahun Akademik 2022/2023 bahkan 115 wisudawan berhasil meraih predikat cumlaude. Prosesi tersebut dilaksanakan di Gedung Serba Guna, pada Rabu (12/10/2022)

Dari total wisudawan IAIN Lhokseumawe pada tahun akademik 2022/2023 ini dapat dirincikan, Program Pascasarjana 106 lulusan, Fakultas Syariah (FASYA) 109 lulusan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) sebanyak 298 lulusan, lulusan dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) sebanyak 93 orang, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sebanyak 145 lulusan.

Dalam kata sambutan, Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr. Danial, M.Ag dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan di kampus IAIN Lhokseumawe.

“Ini bukanlah akhir dari proses pendidikan, ini awal pembuka menuju kesuksesan dan selamat kepada para magister dan sarjana yang telah dengan resmi dikukuhkan sebagai wisudawan pada hari ini,” Ujar Dr. Danial selaku Rektor.

Rektor juga mengajak para wisudawan untuk menjadi alumni yang senantiasa terus menjaga dan membina silaturahmi dengan almamater serta terus berkiprah dalam hal mengembangkan bersama-sama mendukung kemajuan IAIN Lhokseumawe.

Dr. Danial juga menjelaskan penyematan nama Malikussaleh di IAIN Lhokseumawe mengingatkan dan menyadarkan kita tentang sebuah kerajaan Islam yang berpengaruh melampaui Asia Tenggara, yaitu kerajaan Samudera Pasai.

Menariknya dalam batu nisan kerajaan samudera pasai, terdapat gambar lentera yang mengeluarkan cahaya dan daun batang pisang.

“Lentera ini menggambarkan bahwa pembangunan sebuah bangsa yang dibangun aspek rohaniah, aspek spiritual, intelektual dan emosional yang disimbolkan dari lentera, yang mengisyaratkan ilmu yang menerangkan bukan hanya pikiran tapi menerangkan hati, jiwa dan pikiran. Sedangkan daun pisang sebagai melambangkan sebagai simbol kesejahteraan, yaitu pembangunan jasmaniah,” tutur Rektor.

Rektor IAIN Lhokseumawe juga memaparkan, sebuah lembaga pendidikan dan pembangunan daerah harus seimbang antara jasmani dan rohani, yang disimpulkan oleh daun sebagai simbol kesejahteraan. Ekonomi harus sejahtera dan ruhani haruslah bahagia,” papar Rektor.

Lebih lanjut, dihadapan peserta wisuda dan tamu undangan, Dr. Danial menjelaskan tentang IAIN Lhokseumawe yang dibangun di atas tanah seluas 33 hektar dan saat ini tersedia 4 fakultas dan 1 Program Pascasarjana. Menurutnya berbagai pembenahan dan pengembangan dari berbagai sektor. Seperti pencapaian akreditasi Perguruan Tinggi dengan peringkat baik sekali pada tahun 2021 lalu.

“Saat ini IAIN Lhokseumawe memiliki 4 Fakultas, diantaranya Fakultas Syariah (FASYA). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) serta Program Pascasarjana.” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, sebagai bentuk apresiasi kampus atas pencapaian prestasi selama menempuh pendidikan, Rektor IAIN Lhokseumawe juga memberikan penghargaan kepada lulusan cumlaude.

Sebelumnya, Wakil Rektor I, Dr. Iskandar, M.Si melaporkan pada rapat terbuka senat menyebutkan jumlah lulusan, dengan jumlah peserta diantaranya Program Pascasarjana berjumlah 106 lulusan, FASYA berjumlah 109, FTIK sebanyak 298, FUAD berjumlah 93 dan FEBI sebanyak 145 peserta.

“Lulusan IAIN Lhokseumawe berasal dari berbagai daerah di Aceh yang menempuh pendidikan di kampus ini, juga peserta wisuda berasal dari luar Aceh, Jelas Warek I.

Prosesi wisuda ini ikut dihadiri oleh Pj Walikota Lhokseumawe, Dr. Drs. Imran, M.Si, MA, Pj Bupati Aceh Utara yang diwakili oleh Asisten III, Drs. Adami, M.Pd serta para undangan mulai dari unsur pimpinan Perguruan Tinggi lingkup Lhokseumawe dan Aceh Utara, unsur Forkopimda serta para stakeholder.

Rilis : IAIN Lhokseumawe | Photo : Ist | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia