Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

LHOKSEUMAWE – Untuk pertama kalinya Kelas Jurnalistik Road to MAN Lhokseumawe 2022 Cinematography in Journalistic diselenggarakan oleh LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Al-Kalam IAIN Lhokseumawe yang berlangsung pada Rabu-Kamis, 23-24 November 2022 di Aula Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Lhokseumawe berkolaborasi dengan MAN Lhokseumawe sebagai peserta acara.

Kelas Jurnalistik Road to MAN Lhokseumawe 2022 Cinematography in Journalistic yang mengusung tema “Build Up Your Cinematography, Get Up Your Creativity” merupakan kegiatan pembekalan materi terkait sinematografi melalui teori dan praktik lapangan yang disampaikan oleh Deni Muktahadi (Pimpinan Umum Puja TV Aceh) dan Zikri Maulana (Contributor Kompas TV) sebagai pemateri video reportase dan video feature selama dua hari berturut-turut.

Pimpinan Umum LPM Al-Kalam, M. Akbar membeberkan alasan pemilihan Ekstrakurikuler Jurnalistik MAN Lhokseumawe sebagai peserta kegiatan ini, karena MAN Lhokseumawe adalah satu-satunya sekolah dengan ekskul jurnalistik di tingkat sekolah menengah atas. Sehingga, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi LPM Al-Kalam dalam membangun minat dan bakat siswa di bidang jurnalistik sekaligus sebagai jalan silaturahmi IAIN Lhokseumawe dengan MAN Lhokseumawe.

Kelas Jurnalistik Road to MAN Lhokseumawe 2022 Cinematography in Journalistic dimulai dengan beragam agenda pembuka, mulai dari laporan ketua panitia acara; kata sambutan dari Pimpinan Umum LPM Al-Kalam, Kepala Sekolah MAN Lhokseumawe, dan Pembina LPM Al-Kalam; dan pembukaan acara oleh Wakil Rektor II IAIN Lhokseumawe, Dr. Darmadi, M.Si; serta pemberian materi sinematografi kepada peserta.

Kepala Sekolah MAN Lhokseumawe, Abdul Razak S.Ag, M.Pd. turut hadir memberikan sambutan dalam ceremonial kelas jurnalistik. Ia sangat antusias dan mengapresiasi penuh upaya LPM Al-Kalam dalam membangun generasi-generasi muda di bidang jurnalistik terkhusus siswa MAN Lhokseumawe.

“Kita harus memberikan support dan semangat untuk siswa kita karena ini merupakan momen penting bagi mereka dalam karirnya sebagai jurnalis muda,” ujarnya dalam sambutannya.

Alya Maulida Nabila selaku Ketua Panitia Acara menjelaskan bahwa tujuan utama dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai wadah membangun bakat dan kapasitas para jurnalis muda Kota Lhokseumawe.

“Kelas Jurnalistik Road to MAN Lhokseumawe 2022 Cinematography in Journalistic ini bertujuan untuk mewadahi bakat dan kapasitas jurnalis, khususnya jurnalis muda tingkat sekolah menengah dalam hal jurnalistik,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Alya berharap pula agar kelas jurnalistik ini dapat membantu mewadahi minat dan kapasitas jurnalis muda di kota Lhokseumawe mengingat keterbatasan kuantitas jurnalis saat ini di Lhokseumawe. Harapan yang sama juga diungkapkan M. Akbar (Pimpinan Umum LPM AL-kalam) dalam sambutannya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa-siswi MAN Lhokseumawe, terutama dalam hal jurnalistik. Mengingat pers muda saat ini sangat terbatas kapasitasnya baik di lingkungan sekolah maupun kampus,” tutup Akbar.

Reporter : EK | Photo : Akbar


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia