Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

JAKARTA – Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Ova Emillia mengungkapkan format penulisan ijazah S1 Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kini ramai disorot karena dinilai berbeda dengan lulusan UGM lainnya.

Ova menuturkan, sebelumnya memang pada waktu-waktu sebelum adanya computerized. Penulisan Ijazah menggunakan tulis halus. menurutnya, pada tahun 1985 belum ada penyeragaman dengan lulusan UGM lainnya.

Baca Juga : Rektor Ova Emilia Memastikan Presiden Jokowi Sebagai Alumni UGM

“Memang waktu itu belum sampai ada penyeragaman, misalnya kalau sekarang ada formatnya khusus. Sehingga kadang-kadang memang ada perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Tapi kita tetap mempunyai dokumen aslinya,” kata Ova dalam jumpa pers di UGM, Yogyakarta, Selasa (11/10/2022).

Rektor UGM Ova Emilia menuturkan, pihak Universitas Gadjah Mada (UGM) menyatakan bahwa ijazah Presiden Joko Widodo (Jokowi) Asli.  Ova juga meyakini atas data dan informasi yang terdokumetasi di UGM meyakini Ijazah S1 Insinyur Joko Widodo asli

“Kami meyakini keaslian ijazah sarjana S1 Insinyur Joko Widodo,” kata Ova.

Lebih lanjut Ova juga menyatakan Presiden Joko Widodo merupakan angkatan tahun 1980 lulusan yang kemudian dinyatakan lulus dari UGM tahun 1985.

 “Yang bersangkutan benar-benar lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada,” sambungnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas UGM Sigit Sunarta mengatakan ijazah yang diterima Jokowi pada tahun 1985 sama dengan angkatan yang lulus pada tahun tersebut. Menurut Sigit hal itu telah ditelusuri oleh Fakultas Kehutanan UGM.

“Menjawab masalah format ijazah itu khususnya yang berkaitan dengan Pak Jokowi antara satu fakultas dengan fakultas yang lain. Kami sudah mencoba melihat mengenai format ijazah yang diterima Pak Jokowi dan teman satu angkatan dan kebetulan lulus pada saat yang bersamaan. Di mana di situ persis, jadi formatnya untuk Fakultas Kehutanan sama, ditulis dengan tulisan tangan halus,” kata Sigit.

Sigit tidak mengetahui apakah ijazah Jokowi berbeda dengan lulusan dari fakultas lain pada tahun itu, akan tetapi, dia menegaskan bahwa format ijazah yang diterima Jokowi seragam dengan lulusan Fakultas Kehutanan saat itu.

“Kalau untuk fakultas yang lain saya tidak mengetahui secara pasti, tetapi kalau di Fakultas Kehutanan seragam,” tutur Sigit.

Sumber : MonitorIndonesia | Photo : MI | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia