Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

MEDIALITERASI.ID | BANDA ACEH – Taman Baca Masyarakat KAHFIS Aceh diundang oleh Perpustakaan Nasional menjadi salah satu peserta pelatihan Training Of Trainers (TOT) Pustakawan penggerak di Jakarta.

Undangan tersebut disambut sangat antusias oleh TBM KAHFIS Aceh. Siti Nurhidayah, S.Pd., M.Sc. sebagai Pembina TBM KAHFIS ditunjuk mengikut pelatihan tersebut yang nantinya akan bertugas sebagai Pelatih Ahli Pustakawan di Aceh setelah kegiatan tersebut selesai.

Pelatihan berbasis blended learning tahun 2024 di Jakarta itu melibatkan Dinas Perpustakaan Provinsi dan Kota, pegiat literasi perpustakaan desa dari kelurahan dan TBM se-Indonesia. Pelatihan berlangsung selama 4 hari sejak 28 April – 2 Mei 2024 kemarin.

Siti Nurhidayah,S.Pd., M.Sc. yang kerap dipanggil Bunda Dayah mengatakan pelatihan ini merupakan pembinaan agar mewujudkan transformasi perpustakaan berbasis inklusi untuk kesejahteraan. Perpustakaan yang awalnya hanya terbatas untuk siswa dan mahasiswa saja, namun selayaknya bertransformasi meluaskan layanan untuk masyarakat luas dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Materi yang diberikan kepada para pelatih ahli yang ikut pelatihan TOT ini akan ditempatkan di wilayahnya masing-masing. Mereka kemudian memberikan Bimtek kepada perpustakaan desa atau TBM yang sudah bermitra dengan perpusnas/dinas perpustakaan provinsi setempat,” kata Bunda Dayah lebih lanjut menjelaskan.

Selain itu, dia menjelaskan pelatih ahli ini melakukan pendampingan secara berkelanjutan, menyasar ke lapisan masyarakat untuk terus bertransformasi dalam memenuhi kecakapan hidup untuk kesejahteraan.

“Berharap dari kegiatan TOT yang menghadirkan seluruh pegiat literasi di seluruh provinsi ini dapat memberikan dampak secara faktual di lapangan. Bukan sekadar kegiatan seremonial yang akhirnya tidak memiliki sasaran jelas,” ucap pengasuh program Cerita Anak RRI Banda Aceh itu.

Bunda Dayah yang juga sebagai Kabid SDM & Organisasi Forum TBM Provinsi Aceh ini menambahkan, sebanyak 3 orang perwakilan dari Provinsi Aceh yang mengikuti mengikuti kegiatan tersebut secara luring di Jakarta dan 3 orang mengikuti secara daring.

“Kami sangat berharap pemerintah provinsi Aceh maupun kabupaten/kota bahkan tingkat desa di seluruh Aceh serta berbagai stakeholder lainnya bisa bersama-sama mendukung kami. Dan terbuka dalam kolaborasi melalui program perpustakaan berbasis Inklusi sosial untuk kesejahteraan masyarakat ini,” harap Bunda Dayah. [end@]


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.