Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Harga Gelembung Ikan berdasarkan rilis Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) (01/09/2022). Dok.KKP

EKONOMI BISNIS – Gelembung ikan atau gelembung renang, atau yang biasa disebut fish maw merupakan salah satu organ pada ikan, berisi gas seperti oksigen dan memiliki tekanan yang berubah-ubah.

Biasanya, gelembung renang ini dibuang begitu saja, namun siapa sangka, ternyata gelombang renang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Fungsi gelembung renang pada ikan itu sendiri memiliki fungsi penting bagi ikan, seperti misalnya membantu ikan untuk mengapung di dalam air, sehingga ikan tidak harus berenang secara terus menerus untuk mempertahankan posisinya di dalam air. Gelembung ikan akan mengatur volume tubuh ikan yang disesuaikan dengan berat jenis air dalam kedalaman tertentu.

Selain itu Gelembung Ikan itu dipercaya menjaga kesehatan tubuh. Di China, gelembung ikan banyak diolah menjadi sup untuk dikonsumsi. Gelembung ikan dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh, dan memiliki beberapa fungsi diantaranya, sebagai Sumber Kolagen.

Nilai gelembung ini dipengaruhi oleh jenis ikan dan kelamin nya. Bila jantan pinggirnya cenderung berbentuk tipis dan tengahnya tebal. Jika ikan betina, permukaan gelembung ikan cenderung tebal, tapi di dalamnya sedikit, inilah yang menjadikan harga gelembung jantan lebih mahal harganya.

Melansir dari laman Kementrian Kelautan dan Perikanan Pihak KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) pada (01/09/2022) memberi gambaran harga pasaran gelembung renang ikan.

-Ikan duri, Rp 150 ribu/kg
-Ikan kakap putih, Rp 650 ribu-Rp 4,3 juta/kg
-Ikan kuro, Rp 500 ribu-Rp 2,2 juta/kg
-Ikan kakap Cina, Rp 1 juta-Rp 28 juta/kg
-Ikan gulama, Rp 20 juta-Rp 50 juta/kg

Reporter : Ek | Photo : KKP | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia