Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.


MEDIALITERASI.ID
| ACEH UTARA – Guna menjaga kualitas hasil panen yang bagus, Serka Jurinanto Babinsa Koramil 15/Mtk Kodim 0103/Aceh Utara membantu petani yg sedang menjemur padi usai dipanen beberapa waktu lalu di Desa Mesjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara. Selasa (21/05/2024).

Saat ditemui awak media, Babinsa Serka Jurinanto mengatakan Pasca panen padi, para petani disibukkan dengan tahapan berikutnya yaitu penjemuran padi setelah dirontokkan menggunakan mesin perontok padi.

“Penjemuran padi dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kualitas padi agar tetap baik dan tidak membusuk bila disimpan dalam waktu yang lama,” ujar Serka Jurinanto.

“Padi atau gabah harus segera dikeringkan atau di jemur agar tidak terjadi kerusakan pada butir beras yang dihasilkan”, imbuhnya.

Babinsa juga berharap dengan adanya kegiatan pendampingan ini selain mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan juga dapat lebih mempererat Kemanunggalan TNI dan Rakyat, sehingga terjalin silaturahmi serta komunikasi sosial yang baik, guna mendukung pelaksanaan tugas Babinsa dilapangan.

Sementara itu, ibu Hani Fauziah warga Desa Mesjid Pirak pemilik padi tersebut mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang selama ini terus melakukan pendampingan terhadap petani.

“Pendampingan dilakukan di mulai dari pembajakan lahan, penyemaian, penanaman, perawatan sampai panen raya dan penjemuran”, katanya.

“Dengan pendampingan secara khusus oleh TNI dalam hal ini, babinsa maka semua petani lebih semangat dan memiliki pengetahuan terkait cara bertani yang baik, supaya mendapat hasil yang maksimal,” ungkap ibu Hani Fauziah. (**)


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.