Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

MEDIALITERASI.ID | ACEH UTARA – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe melaksanakan Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan P-1 dan P-2 selama Dua hari, pelaksanaan kegiatan Glagaspur itu dilakukan di Markas Komando Pangkalan TNI AL (Lanal) Lhokseumawe Paloh Igeuh, Aceh Utara, Sabtu (18/05/2024)

Uji Terampil Glagaspur dibuka oleh Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto, selaku Pimpinan Latihan (Pimlat). Kegiatan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat P-1 dan P-2 di Lanal Lhokseumawe berlangsung selama 2 (dua) hari 16 hingga 17 Mei 2024, dengan Tim Penguji Katim Kolat Koarmada I Letkol Mar Dodik Eko Siswanto, beserta Tim Kolat Koarmada I lainya.

Dalam sambutannya, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto., menyampaikan bahwa pelaksanaan Glagaspur bertujuan untuk menguji ketangkasan, keterampilan dan profesionalisme prajurit khususnya prajurit Lanal Lhokseumawe dalam pelaksanaan kelancaran tugas pokok dan menjadikan prajurit yang profesional, tangguh, serta trengginas.

“Seperti kita ketahui bersama, Pangkalan TNI Angkatan Laut sebagai salah satu Komponen SSAT dengan segala kekuatanya dituntut untuk dapat melaksanakan deukungan administrasi dan logistic bagi satuan operasional serta mampumempertahankan dirinya daeri segala bentuk ancaman yang dapat merugikan fungsi Pangkalan” ujar Danlanal Lhokseumawe

Sementara itu, Danpuslat Pasrat Kolat Koarmada I Letkol Mar Dodik Eko Siswanto, menyampaikan bahwa Penyelenggaraan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat P-1 dan P-2 ini merupakan salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan tingkat kesiapan prajurit baik perorangan maupun kelompok dalam menggunakan peralatan dan persenjataan masing-masing bagian maupun beregu guna mengukur tingkat kesiapsiagaan, profesi, serta kesiapan operasional satuan khususnya Pangkalan TNI AL.

Adapun materi yang diujikan dalam kegiatan Uji Terampil Glagaspur Tingkat Pangkalan ini meliputi giat P-1 yakni Peraturan Militer Dasar (Permildas), Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas, Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Dinas Garnisun (PDG).

Selain itu, juga dilaksanakan Uji Keterampilan Perorangan (Bongkar Pasang Senjata, Menembak, dan Renang Militer), dan Uji Keterampilan Kebaharian (Uji Tulis, Semaphore, Peluit, Tali Temali). Sedangkan giat P-2 meliputi Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Peran Kebakaran (PEK), Pengendalian Huru Hara (PHH), serta Evakuasi Medis. [Muntazar]


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.