Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

Oleh :
T.M. Jamil, Dr, Drs, M.Si.
Associate Profesor, pada USK, Banda Aceh

 

“Teruntukmu, wanita cantik paras dan baik hatinya. Wanita yang menjadi cahaya untuk seluruh hidupku dan anak-anakku. Hari ini, bertambah usiamu dan aku berbahagia karenanya. Semoga semua keinginanmu tercapai dan dipenuhi oleh berkah dari Allah Swt. Semoga dirimu selalu menawan dan menyenangkan seperti hari ini. Selamat ulang tahun My Love…”

—————-

ULANG TAHUN, yaitu sebuah moment bahagia yang ditunggu-tunggu seseorang bahwa orang tersebut telah melewati hari – harinya dengan indah dan kadangkala penuh romantika. Ulang tahun atau hari kelahiran dirayakan setiap satu tahun sekali, pada tanggal dan bulan yang sama. Ulang tahun ini sering kali dirayakan melalui sebuah acara pesta yang penuh dengan kemegahan dan kemeriahan atau hanya dirayakan dihati saja, bahkan kado spesial pun mungkin akan kita dapat di saat hari ulang tahun tiba seperti hari ini saat isteriku tercinta berulang tahun.

Yaa, Yaa – hari ulang tahun tetap menjadi hari yang membahagiakan bagimu atau bagi siapapun, terlebih lagi jika orang yang ada di sekitar kita menjadikan kita sebagai “raja atau ratu” dalam satu hari itu. Banyak ucapan selamat ulang tahun yang kita terima saat hari ulang tahun tiba yakni dari keluarga, kekasih, kakanda, saudara maupun teman terdekat kita. Seperti : “Selamat Ulang Tahun Sayang … Semoga Panjang Umur Dan Sehat Selalu, Bertambah Rizkimu Dan Bertambah Kuat Imanmu, Makin Dewasa, Makin Disayang Allah SWT”. atau “Meskipun Tak Ada Hal Yang Special Yang Bisa Aku Berikan Di Hari Ulang Tahunmu Sayang,

Tetapi Do’aku Selalu Tercurah Untukmu Sayang … Happy Birthday Yank, I Love U”. Setiap kita mendapati tanggal dan bulan yang sama dengan hari kelahiran kita. Itu berarti sudah satu tahun usia kita berlalu. Pada dasarnya, hari itu adalah hari yang sama dengan hari lainnya.

Marayakan atau pun tidak itu semua tergantung pada kita. Dengan cara apa kita merayakannya semua itu terserah kita. Namun, perlu diketahui merayakannya atau tidak, ada sesuatu yang begitu bermakna di balik ulang tahun itu sendiri. Saat berada di hari ulang tahun kita pasti banyak pertanyaan–pertanyaan yang menghantui benak kita. Pertanyaan–pertanyaan ini sama halnya ketika perayaan tahun baru atau hari – hari perayaan lainnya.

Apa saja yang pernah kita lakukan selama satu tahun ini? Hal – hal baik apa yang pernah kita capai? Hal – hal buruk apa yang kita lakukan selama satu tahun ini? perbedaan apa saja yang kita sudah perbuat dari tahun ini dibandingkan dengan awal tahun yang lalu?

Sayangnya, pertanyaan – pertanyaan tersebut tidak terjawab, mungkin saat kita ingat saja baru kita akan menjawabnya. Seharusnya saat ulang tahun tiba kita harus Memaknai Ulang Tahun kita dengan penuh tawadhuk, dan rasa syukur kepadaNya. Yaitu memaknai dengan penuh rasa syukur, dan penuh dengan harapan dan do’a. Sehingga jawaban–jawaban yang muncul di benak kita selama satu tahun yang lalu dapat menjadi target–target kita untuk di tahun depan.

Sesuatu yang kurang di tahun yang lalu dapat kita perbaiki di tahun berikutnya, sesuatu yang buruk di tahun lalu kita bisa memperbaiki di tahun depannya. Untuk sesuatu yang baik mungkin bisa kita tambah lebih baik lagi di tahun berikutnya atau bisa untuk dipertahankan, jangan sampai malah ditahun berikutnya mengurangi hal – hal buruk kita.

SATUKAN RAGAKU DENGAN RAGAMU …
Selamat Ulang Tahun Sayang
Senang Dan Sedih Kini Menghampirimu
Kesal Dan Marah Pun Mungkin Terjadi
Aku Menghiraukannya
Hanya Kata Bahagia Yang Ku Ucap

Selamat Ulang Tahun Kekasih
Bahagiaku Yang Masih Menjadi Pendampingmu
Mendo’akanmu Disetiap Do’aku
Semoga Allah Swt Menyatukan Ragaku Dengan Ragamu
Mengerti Keinginanmu Yang Menjadi Teman Hidupmu

Selamat Ulang Tahun Teman Hidup
Ragamu Masih Tegak Berdiri
Jiwamu Masih Kuat Dengan Prinsip
Hatimupun Masih Setia Untuk Wanita Pujaan Hatimu
Dan Penyemangatku Masih Bersahabat Denganmu

Selamat Ulang Tahun Penyemangat Hidup
Seiring Berjalannya Waktu
Langkahmu Semakin Jauh
Bertemu Kembali Dengan Hari Yang Menambah Usiamu
Semoga Bahagia Selalu Menghampirimu…

Sudahkah Kita Memaknai Ulang Tahun disaat ulang tahun tiba? Jika belum, marilah kita memaknainya untuk berterima kasih dan bersyukur kepada Allah SWT, karena semua yang kita lakukan bertujuan untuk menjadi manusia yang lebih baik disetiap tahunnya, agar kita menjadi makhlukNya yang lebih sempurna.

Pastilah banyak penyesalan – penyesalan yang kita ulas dari perjalanan hidup kita saat dulu. Untuk itu perbaikilah masa lalu kita dengan perbaikan di masa kini dan masa depan. Semoga semua macam keburukan, dosa dan maksiat yang pernah kita lakukan di masa lalu dapat meredam untuk tidak terulang kembali sebagai wujud kesungguhan taubatan nasuha kita kepadaNya. Amin, Ya Allah.

Untuk itu perbanyaklah beristighfar untuk meredamkannya, dan perbanyakkah Zikrullah untuk mengisi sisa waktu yang kita miliki. Kurangi rasa dengki, marah dan kecewa pada siapapun dalam hidup ini. Memang saat ini sudah kita lalui setengah waktu lamanya atau mungkin waktu itu menjadi waktu yang terkhir untuk kita hidup, Wallahu ‘Aklam – hanya Allah SWT yang menggenggam waktu kita dan Allah Swt Yang Maha Mengetahui segalanya. Ya Allah, Ya Ilahi Rabbi – Berikanlah kami umur yang berkah dalam menjalani hidup ini – semoga kelak kami menjadi hambaMU yang lebih baik. Amin Ya Allah.

Begitu juga, Semua manusia pasti punya aib, berterima kasih-lah kepada Allah karena Allah Swt telah menutupi aib kita. Hindarilah waktu kita yang sedikit ini untuk mencela orang dan mencari keburukan orang lain. Mari kita memperbaiki diri kita sendiri.

Biarkanlah orang lain menghina atau bahkan menzhalimi kita. Serahkan semua itu kepadaNya, semoga Allah swt yang akan membalasnya kelak. Untuk itu, sekali lagi marilah kita bersyukur kepada Allah SWT karena di hari ulang tahun kita masih bisa menghirup udara segar dan masih bisa diberi kenikmatan melihat indahnya alam semesta, dunia ini serta nikmat sehat, nikmat keselamatan, dan nikmat kebahagiaan. Barakallahu Fiekum, Ya Allah – Amin, Ya Rabbal ‘Alamin.

Sagoe Atjeh Rayeuk, 25 April 2024.


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.