Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.


Medialiterasi.id
| ACEH UTARA. Upacara bendera adalah kegiatan yang hampir dilakukan oleh setiap sekolah pada hari Senin, termasuk Sekolah SMAN 1 Lhokseumawe. Namun ada sesuatu yang berbeda dari sebelumnya, karena kali ini menjadi pembina upacara adalah Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Mahkyar S.T., M.M., M.H.I., yang berlangsung di SMAN 1 bertempat Jl. Darussalam Gampong. Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota lhokseumawe, Senin (22/01/2024).

Dalam amanatnya sebagai pembina upacara Dandim 0103/Aut Letkol Kav Mahkyar S.T., M.M., M.H.I., menyampaikan sudah sepantasnya seorang siswa sebagai insan terdidik mampu untuk mengendalikan emosi dan menujukkan perilaku yang baik khususnya etika dan moral. Etika dan moral tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari karena keduanya menunjukkan perlilaku yang akan dipandang baik, buruk, salah ataupun benar dimata orang lain yang melihatnya.

Moralis di Inggris berpendapat bahwa moral yang baik ataupun buruk akan sangat ditentukan oleh kemampuan intelek atau akal budi.

“Jadi moral yang ditunjukkan oleh siswa akan sangat dipengaruhi kedewasaan dan akal budinya dalam menyikapi sebuah keadaan. Mengedepankan perilaku yang mencerminkan etika dan moral setiap hari sudah diterapkan kepada siswa dalam pembelajaran di sekolah”, terang Dandim.

Letkol Kav Mahkyar juga menghimbau kepada siswa agar selalu Menghormati dan bersikap sopan terhadap guru merupakan salah satu hal terpenting ketika siswa berada di lingkungan sekolah. Karena guru adalah orang yang mendidik dan mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan, baik secara formal maupun non-formal. Lewat guru juga, siswa bisa menjadi lebih berwawasan luas.

Lanjutnya, kepada seluruh siswa/i SMAN 1 lhokseumawe agar tidak terpengaruh dengan kawan kawan yang mengajak untuk mengkonsumsi Narkoba dan minuman keras (alkohol) karena berpengaruh sangat kepada masa depan kalian semua. Lebih penting lagi kepada siswa/i SMAN 1 tidak membuat kelompok kelompok yang cikal bakal menjadi begal, yang masih semarak saat ini.

Sebelum mengakhiri amanatnya Dandim berpesan “Sebagai siswa yang sedang menuntut ilmu untuk masa depan, namun kita juga wajib menuntut ilmu agama yang akan menjadi bekal kita diakhirat”, tutup Dandim.

Turut hadir dalam upacara tersebut Kepala sekolah SMAN 1 kota lhokseumawe Drs. Syaifudin, MM, Pasi Pers Kodim 0103/Aut Kapten Inf Irwan, Para Guru SMAN 1, dan Siswa/i SMAN 1 Lhokseumawe. [end@]


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.