Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

Oleh : Hidayat

[Mahasiswa semester VII Progam Studi Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni (STITA) Sumenep-Madura]

Secara umum santri adalah seorang yang mengikuti pendidikan agama islam. menurut kamus besar bahasa indonesia ( KBBI ) santri mempunyai dua arti: orang yang mendalami agama islam, dan orang yang beribadah secara sungguh-sungguh.

Santri mempunyai dua kategori yaitu santri yang bertempat tinggal di pondok pesantren (santri mukim) dan santri kalong / santri non mukim yang hanya sesekali-kali saja datang ketemu dengan kiai.

Menurut A H. Jhon berpendapat bahwa santri berasal dari bahasa Tamil yang berarti guru mengaji (Dhofir, 1982: 18), Dari berbagai pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa seorang santri adalah seseorang yang mendalami ilmu agama dan kitab-kitab yang diajarkan oleh guru/kiyai.

Setiap santri dituntut untuk belajar sepanjang hayat baik saat di pesantren maupun ketika sudah keluar dari pesantren. Tuntutan itu menjadikan para santri menjadi pembelajar dalam hidupnya dan masyarakatnya

Masyarakat adalah ujian yang sebenarnya dari kualitas seorang santri. santri berasal dari masyarakat dan akan kembali ke masyarakat.

Pemilu adalah kompetisi untuk mengisi jabatan politik di pemerintahan yang didasarkan pada pilihan formal dari warga yang memenuhi syarat.

Peserta pemilu dapat berupa perseorangan dan partai politik tetapi yang paling utama adalah partai politik, karena partai politik mengajukan kandidat dalam pemilu untuk kemudian dipilih oleh rakyat.

Dalam pelaksanaan demokrasi pasti ada ujaran kebencian seperti berita hoax yang menjadi warna dunia maya. Hal tersebut sangatlah sulit dihindari karena hampir semua orang mengakses media sosial.

Tokoh agama dan tokoh masyarakat harus mempunyai peran penting dalam penguatan demokrasi dan memberikan keamanan bagi masyarakat pada saat pemilu berlangsung.

Dan santri harus memiliki peran penting dalam mewujudkan pemilu sejahtera dengan berbuat kebaikan dan mempertahankan NKRI HARGA MATI.

Maka dari itu santri mempunyai peran penting untuk menjada pemilu, agar terhindar dari hal-hal yang tidak baik dan terhindar dari berita hoax demi mewujudkan pemilu yang sejahtera.

Golongan santri memiliki peran penting dalam menjaga kondusifitas pemilu, perbedaan dukungan jangan dijadikan alasan untuk tidak bersatu. Santri sebagai kaum intelektual harus mengambil peran dalam berjalannya demokrasi seperti mengadakan do’a bersama dan memberikan kedamaian jalannya demokrasi.


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.