Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

Medialiterasi.id | LHOKSEUMAWE – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Lhokseumawe libatkan 100 warga lokal untuk melakukan penyortiran dan pelipatan kertas surat suara di gudang logistik KIP setempat, di desa Uteunkot, Kota Lhokseumawe, pada Senin pagi (8/1/2024)

Sebelumnya, Ketua KIP Kota Lhokseumawe Abdul Hakim mengatakan, KIP Lhokseumawe sudah menerima  687.215 kertas surat suara pada Jumat (5/1/2023) yan lalu.

Abdul Hakim mengaku, petugas telah  berhasil melakukan penyortiran surat suara untuk Pemilihan Presiden sejumlah 76.601 lembar hingga senin sore pukul 18.00 WIB.

“Dari 76.601 lembar surat suara yang telah disortir, 76.597 lembar telah dilipat dan empat lembar lagi dinyatakan rusak,” ujar Ketua KIP Kota Lhokseumawe.

Adapun rincian kertas suara yang diterima oleh KIP Lhokseumawe diantaranya untuk Pilpres, untuk pemilihan DPR RI, pemilihan DPD, pemilihan DPRA, dan pemilihan DPRK Lhokseumawe, masing-masing sebanyak 136.443 lembar dan ditambah dengan kertas suara cadangan untuk pemungutan suara ulang (PSU)  Pilpres sebanyak 1.000 lembar dan DPRK Lhokseumawe sebanyak 4.000 lembar.

Sedangkan untuk kertas suara cadangan PSU tingkat DPD, DPR RI, dan DPRA, ketua KiP Kota Lhokseumawe mengaku akan berkoordinasi dengan KIP Aceh, karena cadangan nya masih berada di KIP Aceh.

Ketua KiP Kota Lhokseumawe juga mengatakan, dirinya melibatkan warga setempat sebagai petugas penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Tahap awal ini ada 100 warga yang mayoritasnya merupakan warga di sekitar lokasi gudang logistik, yakni warga Desa Uteunkot,” katanya.

Abdul Hakim menargetkan, dengan melibatkan 100 petugas pelipatan dan penyortiran kertas surat suara, pekerjaannya diperkirakan akan rampung sekitar dua pekan Kedepan.

Dalam upaya penyortiran dan pelipatan surat suara ketua KIP Kota Lhokseumawe juga mengaku mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian dan pengawasan langsung dari pihak Panwaslih. [Syahrial/end@]


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.