Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

LHOKSEUMAWE – Tiga belas dari enam belas peserta pelatihan kejuruan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana mempresentasikan rangakaian instalasi sederhana yang di rancang dalam memenuhi tugas praktek dalam mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja dan Industri Aceh Utara, Rabu (31/05/2023)

Pelatihan yang dijadwalkan 280 jam pelajaran itu sudah berjalan selama empat minggu ini sudah memberi pemahaman yang mempuni terhadap instalasi listrik bangunan sederhana. Kelas pelatihan yang di isi oleh 16 peserta dua diantaranya adalah wanita.

Muhammad Azhari (26) kelahiran asal Matangkuli ini salah satu siswa di kejuruan Listrik yang mengaku sebelumnya tidak mengetahui nama – nama alat dan bahan kelistrikan, namun setelah mengikuti pelatihan, dirinya mengakui sudah mengenal dan mengetahui fungsinya masing – masing.

“Alhamdulillah setelah mengikuti pelatihan di BLKI Aceh Utara, saya sudah bisa melakukan instalasi listrik sederhana, namun demikian saya belum melakukan uji kompetensi untuk menyatakan saya sudah benar mahir atau belum”, ujar Azhari.

Azhari juga berharap,setelah mengikuti pelatihan ini, dirinya dan rekan – rekannya bisa dimagangkan di perusahan terkait dengan tujuan, ilmu yang sudah di dapatkan di BLKI dapat dikembangkan lagi untuk memenuhi tuntutan kerja, sehingga bisa membantu tingkat perekonomian keluarga.

Hal senada juga diutarakan Cut Shashiyyah (23) salah satu peserta pelatihan Digital Marketing mengatakan, dirinya tertarik di dunia digital yang sebelumnya berprofesi sebagai reseller hijab memilih pelatihan Digital Marketing dikarenakan ingin mengembangkan usahanya dari konvensional menjadi digital.

“Sebelumnya saya menjual produk hijab melalui What’s App dan menjual langsung ke kawan – kawan terdekat dan tetangga”, ujarnya.

Setelah mempelajari Digital Marketing di BLKI Aceh Utara, Cut Shashiyyah berencana mengembangkan usahanya dengan memiliki brand hijab sendiri.

“Saya sudah memiliki branding sendiri, namanya ‘Shee Hijab’ untuk dipasarkan secara lebih luas lagi”, inginnya.

Semenjak dirinya mempelajari Digital Marketing, Cut juga sudah membuat berbagai platform digital lainnya seperti Instagram, You Tube, Google Maps, Blogger dan Facebook.

“Strategi penjualannya lebih menarik apabila platform digital ditambah dengan desain konten produknya, dengan demikian pelanggan lebih cepat dan mudah mengenal brand hijabnya”, tutup Siswa Digital Marketing.

Tak jauh beda dengan dengan kelas Tatarias dan Makeup pengantin, Elfi Susanti (37) mengatakan, kesempatan belajar di Balai Latihan Kerja memiliki kebahagiaan tersendiri, pasalnya selain bisa menimba ilmu juga bisa saling mengenal satu sama lain.

Ibu dua anak ini mengaku sangat antusias dalam mengikuti kelas Make-upnya. Elfi mengaku setelah belajar di kelas Tatarias BLKI Aceh Utara, dirinya sudah mampu merias wajahnya sendiri dengan rapi, baik gaya makeup klasik maupun makeup kekinian.

“Seperti makeup flawles, Korean look serta makeup ala – ala barbie, saya juga sudah bisa memilih produk makeup yang long lasting dan cocok dipakai untuk merias pengantin”, tutur Elfi kepada medialiterasi.id

Nurul Akmal, SE, selaku kepala UPTD Balai Latihan Kerja dan Industri Aceh Utara, dirinya berpesan kepada semua siswa yang sudah terlatih diharapkan untuk bersungguh -sungguh dalam mempelajari skill yang diberikan oleh para instruktur, agar disaat mengikuti Uji Kompetensi siswa lulus semua.

“Karena dengan lulus UJK akan memiliki sertifikat Kompetensi, sehingga kita memiliki bukti keahlian yang didapatkan selama mengikuti pelatihan”, ujar Kepala BLKI Aceh Utara.

Dirinya juga berharap, skill atau ilmu yang telah didapatkan agar dapat dipergunakan sebaik mungkin supaya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Aceh Utara dan dapat mengurangi angka pengangguran sekaligus angka kemiskinan. [ëndæ]


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.