Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Foto. Istimewa For MediaLiterasi.id (Ach Toifur Ali Wafa)

SUMENEP, — Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Legung, Batang-batang, Sumenep, Madura secara rutin lakukan evaluasi program universal health coverge (UHC) guna menghindari kesalahan pelayanan di wilayah kerja (Wilker) setempat.

Pasalnya, dengan adanya program UHC yang diluncurkan Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi tersebut, program-program kesehatan di Puskesmas Legung secara maksimal terlaksana. Karena selain mendukung program puskesmas, UHC juga betul-betul membantu masyarakat guna berobat dan lain sebagainya, “Ungkapnya, Kepala Puskesmas Legung saat ditemui diruang kerjanya, Sabtu 8 April 2023.

Titik Nurhayati menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan gratis dengan hanya menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) ini betul-betul di realisasikan dengan baik bagi seluruh masyarakat Legung dan sekitarnya. Makanya, pihaknya melakukan evaluasi rutin bersama Dokter, Perawat Dan Bidan guna mengantisipasi kesalahan teknis di lapangan.

“Kami memang agendakan tiap minggu, sekiranya ada petugas kami yang tidak sesuai dengan ketentuan pemerintah, kami berikan arahan, mulai dari alur, kenyataan di bawah itu benar atau tidak, cukup pakai KTP, atau masih ada yang berbayar,” Jelasnya.

Menurutnya, program layanan kesehatan gratis tersebut merupakan komitmen pemerintah daerah memberikan layanan kesehatan maksimal kepada semua lapisan masyarakat. Karena masyarakat cukup menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) untuk bisa berobat secara gratis di semua fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS.

“Saya kira ini anugerah bagi masyarakat Legung dan Batang-batang secara umum yang patut disukuri bersama-sama, kita harus dukung bersama-sama. Yang pasti jaminan kesehatan kepada masyarakat setempat betul betul direalisasikan oleh PKM Legung,” tegasnya.

Kapus yang akrab disapa iyat itupun meminta semua pihak memantau pelaksanaan program tersebut di lapangan untuk menghindari adanya praktek yang tidak diinginkan. Baik dilakukan oleh kami sebagai tenaga kesehatan atau pihak lain yang memungkinkan dapat mengambil keuntungan dari program tersebut.

Program UHC ini sangat bermanfaat, masyarakat hingga lapisan bawah benar-benar bisa merasakannya. Ini program luar biasa yang tentunya memberikan manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang status sosial.

“Saya berharap kepada seluruh tenaga kesehatan bisa betul betul melayani, sehingga ke depan tidak ada masyarakat yang terlantar dan kesulitan mendapatkan layanan kesehatan,” tandasnya.

Lebihlanjut, ia memaparkan bahwa saat ini Masyarakat menjadi tidak ragu untuk datang dan berobat ke faskes, Ini penting sehingga yang awalnya masyarakat takut untuk memeriksakan diri, tetapi dengan adanya program UHC, masyarakat tidak ragu lagi guna berobat.

Diketahui, saat ini PKM legung juga sudah dilengkapi dengan pemeriksaan kolesterol, asam urat selain pemeriksaan laboratorium lainnya. Juga Membersihkan karang gigi, USG Kehamilan, Pemeriksaan lengkap untuk calon pengantin (catin) pria dan wanita secara gratis mengikuti Program UHC.

” Terima kasih kepada bapak bupati melalui Program UHC serta jargon ‘Bismillah melayani’ masyarakat Legung dan batang-batang pada umumnya sudah tidak lagi enggan konsultasi dan memeriksakan dirinya “, Tutupnya. (Toifur Ali Wafa)


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.