Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Photo Bersama Mahasiswa PMM MN dengan Manajemen KBQ Baburrayan Takengon Aceh Tengah Sabtu (10/12/22)

TAKENGON – Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM-2) melakukan Modul Nusantara di Koperasi Baitul Qiradh (KBQ) Baburrayyan, Takengon pada Sabtu (10/12/22). Kegiatan tersebut didampingi dosen Modul Nusantara PMM-2 Kelompok 4 “Beumeuhase”, Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd dan mentor Rizky Amanda.

Modul Nusantara yang dilakukan tersebut bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa pertukaran merdeka khusunya kelompok 4 “Beumeuhase” terkait koperasi yang berfokus pada bisnis kopi di Takengon, pada kegiatan ini mahasiswa pertukaran mendapatkan materi terkait kopi yang disampaiakan oleh Bapak Moch Charis, S.T. meliputi cara pembibitan dan penanaman kopi, memanen kopi hingga membuat minuman kopi dengan baik dan benar sehingga lebih nikmat untuk diminum.

Dosen MN Juni Ahyar mengatakan kegiatan di Takengon melakukan 2 kebinekaan Piknik Lintas Budaya (Sabtu 10/12/22) dan bercocok tanam  (Minggu 11/12/22) bertujuan supaya Mahasiswa melakukan rekreasi yang berlokasi di Takengon sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang kehidupan masyarakat Gayo dalam memanen, menjemur dan mengolah biji kopi secara langsung dari kebun kopi Gayo Aceh dan bermanfaat bagi perkembangan psikologis mahasiswa.

Mahasiswa pertukaran dapat juga mencoba beberapa jenis kopi hasil dari inovasi di koperasi ini seperti kopi arabica, the kopi, kopi sanger, dan yang paling menarik perhatian mahasiswa MN kopi strong wine yang terbuat dari kopi namun dapat berasa seperti wine atau sejenis anggur merah namun strong wine ini halal untuk diminum dan memiliki kadar alkohol yang rendah, kopi dari Takengon ini cocok sekali untuk dijadikan buah tangan untuk diberikan kepada pecinta kopi karena daerah ini rata-rata masyarakatnya menjadi petani kopi dan tidak diragukan lagi kualitasnya, dengan adanya koperasi ini para petani dapat langsung menjual hasil panennya dengan mudah dan koperasi dapat mengolahnya serta mengekspornya ke berbagai negara.

Diakhir acara dosen Modul Nusantara kelompok 4 menyerahkan Plakat Penghargaan kepada manajemen KBQ Baburrayyan Bapak Moch Charis, S.T. sebagai bentuk terimakasih yang sudah menyambut dan memberikan materi kepada mahasiswa PMM MN.

Reporter: JA | Photo: Ist | Editor: Endang


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.