Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

JAKARTA – Menjelang pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana, Kaesang Pangarep, persiapan terus dilakukan. Hal ini terlihat dari pengamanan yang terus diperketat oleh Paspampres (Pasukan Pengaman Presiden) di kediaman Erina Gudono, Purwosari, Sleman, Yogyakarta, Jum’at (9/12/2022)

Sesuai jadwal yang beredar, pada 9 Desember 2022 akan ada tradisi siraman merupakan tradisi memandikan calon pengantin oleh keluarga di rumah masing-masing calon pengantin secara simbolis.

Dikutip melalui kanal Youtube Kompas TV dan Intens Investigasi oleh awak medi pada 8 Desember 2022, ini persiapan jelang tradisi siraman.

Menjelang pernikahan Kaesang dan Erina yang semakin dekat, rangkaian acara akan dimulai pada 8 Desember 2022 menjadi hal yang menjadi perhatian oleh masyarakat Indonesia.

Menurut kanal Kompas TV, acara siraman sebelumnya akan diawali Pengajian dan Semaan Al-Qur’an pada 8 Desember 2022 di kediaman keluarga Erina Gudono di Purwosari, Sleman.

Sebelum acara tersebut berlangsung, sudah dilakukan cethik geni atau tradisi menyalakan api pada tungku kayu sebagai tanda rangkaian acara pernikahan akan segera dimulai.Menurut jadwal, siraman Erina Gudono akan dilaksanakan Jumat pagi 9 Desember 2022, dilanjutkan malam midodareni yang akan dihadiri oleh keluarga besar Presiden Joko Widodo dan juga calon mempelai laki-laki, Kaesang Pangarep yang menjalankan tradisi Nyantri.

Sementara itu, siraman juga akan dilakukan oleh Kaesang Pangarep di Surakarta pada hari yang sama.

Air yang digunakan untuk Siraman Kaesang Pangarep diambil dari 7 mata air atau sumur yang dicampur beraneka macam bunga setaman.

Ke tujuh mata air tersebut adalah Masjid Agung Mangkunegaran, Masjid Agung Kesunanan Surakarta, Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran, Umbul Pengging di Boyolali, sumur di rumah Nenek Kaesang di Sumber, dan terakhir adalah air yang berasal dari kediaman pribadi Presiden Joko Widodo.Siraman sendiri memiliki filosofi karena menggunakan tujuh mata air atau sumur. Kata ‘tujuh’ dalam Bahasa Jawa yaitu ‘Pitu,’ melambangkan ‘pitutur,’ atau perkataan, yang berarti kedua mempelai akan berkata sopan terhadap pasangan dan saling menghargai.

Selain itu, juga ada makna ‘pitulungan,’ atau pertolongan yang mana kedua mempelai akan saling tolong menolong dalam keadaan senang dan susah.

Sementara itu, akad nikah antara Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang akan dilaksanakan 10 Desember 2022 di Pendopo Royal Ambarukmo dilanjutkan acara Panggih Manten dan Tasyakuran.

Reporter : Ek | Photo : Ist | Editor : Endang


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.