Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

ACEH BESAR – Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi menjadikan momentum Kahf Integrated School (KAHFIS) Aceh gelar Islamic Edu Fair dengan visi dan misi untuk terus mengedukasi anak – anak Aceh agar menumbuhkan semangat berliterasi dan produktif.

Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi waktu yang tepat untuk mengingatkan kembali perjuangan Rasulullah SAW meliterasikan umat untuk sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan. Selain itu, acara juga bertepatan dengan peringatan hari guru, dimana juga mengingatkan semangat guru-guru yang terus berbagi ilmunya sehingga disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Ketua Literasi Aceh Besar, Rusydi S.Ag yang juga selaku Humas Disdikbud Aceh Besar mengapresiasi KAHFIS yang menyelenggarakan lomba mewarnai, menggambar, recycle fashion show, tahsin/tahfiz, dan bercerita/mendongeng.

“Kegiatan ini bagus sekali untuk melatih bakat minat anak-anak sejak dini, sehingga bakat yang ada pada anak-anak dapat tersalurkan”, katanya.

Lanjut Rusydi juga menuturkan “Kami melihat antusiasme peserta yang ikut lomba cukup tinggi, semoga di kesempatan lain dapat juga dilaksanakan kegiatan serupa ataupun yang lainnya”, tuturnya.

Acara yang diikuti lebih dari 150 peserta ini mendapatkan antusias yang luar biasa dari para orang tua peserta. Selain untuk edukasi literasi, acara ini juga memiliki tujuan untuk menjadi wadah anak-anak berkreasi sesuai bakat dan minatnya yang dituangkan dalam bentuk perlombaan sehingga jiwa kompetitif peserta dapat tersalurkan.

Perlombaan tahsin/tahfiz dan bercerita/berdongeng diselenggarakan di Kahf Integrated School di desa Meunasah Papen pada tanggal 26 November 2022 lalu, sedangkan untuk perlombaan menggambar, mewarnai dan recycle fashion show di adakan di taman Putro Phang pada tanggal 27 November 2022 .

Rusydi selaku juri berharap, KAHFIS terus berkontribusi dalam upaya meningkatkan talenta-talenta yang dimiliki oleh anak-anak, “pungkas Rusydi.

Disaat yang bersamaan M. Nurul Hamdi, S.E., M.BA selaku ketua yayasan KAHF Integrated School Aceh menuturkan

“Kami melihat dalam proses pendidikan, anak perlu merasakan berbagai pengalaman dengan metode dan lokasi yang berbeda-beda. Termasuk bersosialisasi, bertemu dan bersilaturrahim dengan orang yang baru, karena semua orang adalah guru dan semua tempat di dunia ini adalah ruang belajar. Islamic Edu Fair hadir dengan tujuan serupa, dengan berbagai formulasi kegiatan, kami berharap dapat mengisi hari Guru dengan menyajikan suasana festival pendidikan yang seru, menyenangkan tapi edukatif “.

Selain rangkaian perlombaan, terdapat pula Pojok Karya yang berisikan pameran karya peserta Jelajah Profesi dan Bakat. Karya – karya tersebut berupa miniatur, lukisan, dan gambar dengan tema tempat-tempat yang sudah selesai dikunjungi. Menurut salah satu orang tua peserta yaitu Ibu Fina

“Untuk acaranya sudah bagus visi dan misinya sehingga perlu dilaksanakan sesi keduanya”, tuturnya.

Suksesnya Islamic Edu Fair tidak terlepas dari semangat panitia untuk menyukseskan acara. Julita sari, S.Sos sebagai koordinator acara sekaligus relawan Komunitas Kampung Dongeng Aceh menuturkan

“Islamic Edu Fair ini merupakan program kerja sama dengan beberapa komunitas yang memiliki tujuan sama yaitu meningkatkan kesadaran orang tua akan perkembangan diri anak dan memfasilitasi anak-anak untuk belajar berkompetensi, mengenal berbagai dunia profesi, berkreativitas dan meningkatkan kecerdasan sosial anak yang tentunya tidak lepas dari nilai-nilai Islam”.

Dengan demikian, harapannya anak – anak dapat terus berkreasi dan berkarya sesuai dengan bakat dan minat mereka. Selaku orang tua dan mentor membantu dalam menyuguhkan wadah untuk setiap karya tersebut dapat tersalurkan secara positif, dan tentunya dengan adab yang sesuai dengan ajaran agama Islam.

Reporter : EK | Photo : KAHFIS | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia