Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Deputy Representative of Taipei Economic and Trade Office in Indonesia (TETO), Jack Hsiao saat memberikan sambutan dalam acara seminar Taiwan Smart Manufacturing at Manufacturing Indonesia 2022.

JAKARTA – Industri manufaktur global menghadapi tantangan dan peluang baru di masa pasca pandemi saat ini, antara lain yakni terkait dengan industri kendaraan listrik dan sektor energi hijau. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi para produsen untuk mengadopsi manufaktur yang cerdas agar dapat mengoptimalkan proses dan meningkatkan efisiensi, untuk beradaptasi dengan permintaan yang berubah-ubah.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia juga telah meluncurkan beberapa kebijakan untuk mendorong peningkatan sektor manufaktur Indonesia. Misalnya, untuk mendorong UKM Indonesia mengganti mesin industri lama dengan yang baru, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menerapkan langkah-langkah insentif pada tahun 2021.

Selain itu, Kemenperin juga telah mendirikan Pusat Industri Digital 4.0. Sesuai dengan rencana ‘Making Indonesia 4.0’, pemerintah akan mendorong transformasi digital tujuh sektor industri, dan menerapkan teknologi industri 4.0 untuk meningkatkan efisiensi industri manufaktur dan daya saing industri lokal Indonesia.

Dalam event Taiwan Smart Manufacturing at Manufacturing Indonesia 2022, Deputy Representative of Taipei Economic and Trade Office in Indonesia (TETO), Jack Hsiao mengatakan bahwa sebagai 5 pengekspor peralatan mesin teratas dunia, Taiwan memiliki latar belakang yang kuat dalam peralatan IT dan telekomunikasi, serta rantai pasokan peralatan mesin yang lengkap. Perusahaan-perusahaan Taiwan pun memiliki keahlian dalam memberikan solusi manufaktur cerdas, yang bisa disesuaikan dengan permintaan klien dalam waktu singkat.

Pada tahun 2021, nilai ekspor produk mesin Taiwan adalah 27,53 miliar dolar AS, peningkatan tahunan sebesar 31,7%. Dari Januari hingga Oktober 2022, nilai ekspor naik menjadi 2,50 miliar dolar AS, meningkat 11,4% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021.

“Taiwan adalah rumah bagi sejumlah produk teknologi tinggi, termasuk model mesin industri yang canggih dan beberapa peralatan mesin. Selama bertahun-tahun, Taiwan tetap menjadi pemasok terbesar ketiga peralatan mesin pintar untuk pasar Indonesia,” kata Jack Hsiao.

Dia menambahkan, bahwa pada tahun 2021 Taiwan telah mengekspor produk mesin pintar senilai 379,965 juta dolar AS ke Indonesia meningkat sebesar 6,82% dibandingkan tahun 2020. Dari total mesin bubut yang diluncurkan pada tahun 2021, Indonesia menyerap sekitar 46,011 juta dolar AS untuk peralatan tersebut. Taiwan menyumbang 11,1% dari total, senilai 5,106 juta dolar AS.

“Mengenai pusat permesinan, Indonesia mengimpor total 43,257 juta dolar AS selama periode yang sama, dengan Taiwan memasok 10,02% dari seluruh permintaan Indonesia, atau sekitar 2,906 juta dolar AS, sehingga menjadi pemasok terbesar ketiga di Indonesia,” tutur Jack Hsiao.

Salah satu brand manufacturing asal Taiwan yang turut serta ambil bagian dalam event Manufacturing Indonesia 2022 tersebut, yakni UNION Brush memperkenalkan rangkaian produk industrial brushes mereka, yang terdiri dari Power Brush, Twist Knot Brush, Abrasive Nylon, Tube Brush, Universal Hand Brush, Door Seal Brush, Strip Brush, hingga Roller Brush.

UNION Brush didirikan pada tahun 1985 sebagai produsen berpengalaman, yang mengkhususkan diri dalam berbagai macam sikat industri di Taiwan. Dengan merek sendiri, UNION Brush dikenal luas dan dipercaya dengan mendistribusikan ke seluruh dunia. UNION menyediakan berbagai macam sikat industri untuk berbagai aplikasi khusus.

Di Manufacturing Indonesia, TAITRA menggunakan teknologi 360 VR untuk menampilkan solusi manufaktur cerdas Taiwan dan rahasia dari 14 produsen Taiwan tingkat pertama.

Selain itu, TAITRA juga bekerja sama dengan Jayametal, OTT, First Machinery & ASPIRA SEKAWAN PRIMA dan menyelenggarakan serangkaian seminar Taiwan Smart Manufacturing (30 November hingga 1 Desember), di mana perusahaan-perusahaan seperti HIWIN, FEELER, SEYI, TONGTAI & MIRLE berbicara tentang solusi manufaktur cerdas terbaru mereka dan berbagi kisah sukses.

Reporter : EK Photo : Ist | Editor : Endang


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.