Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

 

Photo Mahasiswa KKN Kelompok 49 Pase Sentosa Sedang Melatih Ibu-Ibu PKK Aceh Utara, Rabu (01/12/2022).

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 49 Universitas Malikussaleh mengadakan pelatihan untuk kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Gampong Pase Sentosa kecamatan Simpang Kramat, Aceh Utara, Rabu (01/12/2022).

Anggota Kelompok KKN, Asmaul Husna selaku mahasiswa Ekonomi mengatakan, kegiatan pelatihan UMKM ini guna untuk meningkatkan kreativitas yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Kegiatan pelatihan UMKM yang dilakukan adalah pembuatan keripik batang pelepah pisang dimana bahan bakunya banyak terdapat di desa Pase Sentosa. Dengan begitu warga tidak lagi memerlukan modal yang cukup besar dengan memanfaatkan bahan yang tersedia.

Kegiatan ini juga didampingi ibu Surani selaku ketua PKK mengungkapkan terimakasih kepada KKN PPM 49 yang sudah mengajarkan ibu-ibu Gampong Pase Sentosa cara memanfaatkan batang pisang sebagai ide UMKM dan ini akan menjadi ide bisnis bagi ibu-ibu setempat.

Anggota KKN PPM 49 membimbing ibu-ibu mulai dari cara pemotongan pelepah pisang, kemudian di rendam dengan air kapur serta garam, kemudian bahan marinasi yang menggunakan soda, lada dan masako, garam, kemudian bahan tepung pelapis yang digunakan yaitu tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras, tepung ayam crispy, bubuk kaldu sampai dengan penggorengan.

Ketua KKN PPM kelompok 49 M Rensa menyebutkan, warga sangat antusias melakukan praktik kegiatan ini, setelah melakukan kegiatan warga termotivasi untuk menjalankan bisnis UMKM yang telah diajarkan.

“Ini adalah hal baru bagi ibu-ibu di gampong ini yaitu membuat keripik dari pelepah batang pisang, dengan bahan yang mudah ini pastinya banyak yang tertarik akan membuat nya. Tidak hanya itu dengan rasa yang enak dan tampilan yang menarik keripik ini pasti akan laku di pasaran,” tutupnya.

Dosen Pedamping Lapangan (DPL) Bapak Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKN kelompok 49 yang sudah membimbing masyarakat terutama Ibu-ibu PKK yang ada di gampong Pase Sentosa semoga dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat harapnya.

Reporter: JA | Photo: Ist | Editor: Juni Ahyar


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.