Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

DONGENG – Berbicara dongeng, kita telah sama mengetahui bahwa dongeng menjadi salah satu budaya yang mengakar di Indonesia. Dongeng merupakan budaya bertutur yang telah lama ada di Indonesia. Oleh karena itu Dongen bukanlah hal asing di Negeri ini sehingga setiap tanggal 28 November merupakan hari Dongeng Nasional.

Situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Hari Dongeng Nasional tak lepas dari sejarah dan sosok Drs Suyadi atau yang dikenal sebagai Pak Raden.

Forum Dongeng Nasional menyebut perlunya perhatian lebih besar terhadap dongeng dari seluruh masyarakat Indonesia.

Sosok Pak Raden dianggap cocok untuk dijadikan sebagai tokoh dongeng. Beliau banyak mencurahkan sebagian besar hidupnya dalam dunia hikayat.
Itulah mengapa tanggal ulang tahun Pak Raden dirasa cocok untuk dijadikan Hari Dongeng Nasional. Pak Raden lahir pada tanggal 28 November 1932.

Suyadi, nama asli Pak Raden tersebut merupakan salah satu tokoh legenda dongeng Indonesia. Jasa besarnya bagi perkembangan anak-anak Indonesia melalui beragam karyanya perlu diberikan apresiasi salah satunya menjadikan hari lahirnya sebagai hari nasional.

Dalam hidupnya Pak Raden menginginkan untuk memberikan tayangan edukatif anak-anak melalui berbagai media, termasuk tayangan televisi.

Pak Raden telah menghasilkan dua karya yang menarik perhatian pemerintah yakni, Si Unyil dan Laptop Si Unyil.

Penetapan Hari Dongeng Nasional dideklarasikan di 11 daerah daerah di Indonesia pada saat itu.
Berawal dari inisiatif puluhan pendongeng, komunitas dongeng dan komunitas literasi, mereka secara sukarela mendukung inisiatif Deklarasi Hari Dongeng Nasional dengan menggelar acara dongeng secara serempak.

Semakin lama gerakan dongeng semakin meluas di berbagai daerah. Termasuk di Provinsi Aceh komunitas Kampung Dongeng Aceh ikut ambil bagian dalam menyemarakkan Hari Dongeng Nasional.

Momentum Hari Dongeng Nasional ini menjadi penyemangat untuk terus bergerak melestarikan seni tutur terutama di Provinsi Aceh, ungkap Koordinator Kampung Dongeng Provinsi Aceh, Siti Nurhidayah, S.Pd., M.Sc yang kerap disapa Bunda dayah.

Seni tutur mendongeng ini juga dapat dibawakan sesuai khazanah budaya lokal, khususnya di Aceh. Agar pesan kebaikan dalam seni tutur ini semakin mudah diterima oleh anak-anak dan seluruh masyarakat Aceh.

Penulis : Bunda Dayah


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.