Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Peserta Pelatihan di BlKI Aceh Utara diberikan Peralatan Usaha dan Alat Kerja, Minggu (27/11/2022)

ACEH UTARA – Seratus Peserta Pelatihan Keterampilan dan Kewirausahaan dari 4 kejuruan pelatihan yang dilaksanakan di Balai Latihan Kerja dan Industri Aceh Utara diberikan peralatan kerja dan perlengkapan usaha, Minggu (27/11/2022)

Empat kejuruan yang diberikan peralatan kerja dan perlengkapan usaha diantaranya Pelatihan Pengelohan Hasil Pertanian, Cabinet Making/Furniture, Pengelasan Fabrikasi dan Service Sepeda Motor.

Pelatihan yang dilakukan selama 160 Jam Pelajaran (JP) atau selama dua puluh hari itu selain mendapatkan Keterampilan (Skill), peserta juga mendapatkan peralat dan pelengkapan usaha sekaligus mendapatkan uang transportasi yang dianggarkan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran Perubahan (DPA-P) Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) 2022 melalui Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh.

Baca Juga : Disnaker Mobduk Aceh Tutup Kegiatan Keterampilan dan Kewirausahaan DPA-P SKPA 2022 yang Diinisiasi DPR Aceh

Kepala UPTD Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) Aceh Utara, Nur Akmal, S.E menuturkan, pelatihan dari anggaran Aspirasi Ketua DPR Aceh melalui DPA-P (SKPA) Disnaker Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh yang dilaksanakan di BLKI Aceh Utara merupakan inisiasi dari Ketua DPRAceh Saiful Bahri.

Nur Amal berpesan, peserta yang sudah mengikuti pelatihan dan mendapatkan ilmu keterampilan dapat dipergunakan untuk mengembangkan usaha mandiri agar dapat meningkatkan perekonomian keluarga sehingga mampu meminimalisir angka pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan dalam kabupaten Aceh Utara.

“Diharapkan kepada peserta yang sudah mengikuti pelatihan dan menerima perlengkapan usaha dan peralatan kerja untuk dipergunakan sebaik – baiknya, jangan diperjualbelikan”, harap Kepala BLKI Aceh Utara.

Lebih lanjut, Kepala BLKI Aceh Utara mengharapkan kepada Pemerintah Provinsi agar dapat bekerjasama kembali membantu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui BLKI Aceh Utara, mengingat luas wilayah dan banyaknya jumlah penduduk yang harus di latih keterampilan.

“saat ini angka pengangguran di Aceh Utara meningkat, hal itu terlihat dari banyaknya jumlah masyarakat yang mendaftar untuk mendapatkan pelatihan di BLKI Aceh Utara, namun sayangnya peserta tidak dapat tertampung semua dikarenakan paket pelatihan yang diberikan APBN minim” pungkas Kepala BLKI Aceh Utara.

Reporter : EK | Photo : Amri | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia