Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Photo Bersama Mahasiswa PMM MN di Kediaman Apa Karya Keumala Sigli pada Sabtu (19/11/2022)

SIGLI – Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM-2) Modul Nusantara melakukan kegiatan Kebhinekaan yaitu Talk Show barsama tokoh Perdaian Aceh saat konflik bersama Zakaria Saman Apa Karya (Mantan Mentro Pertahanan GAM), Sigli pada Sabtu (19/11/2022). Kegiatan tersebut dihadiri dosen Modul Nusantara PMM-2 Kelompok 4 “Beumeuhase”, Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd. dan Mentor /LO Rizky Amanda.

Dosen Modul Juni Ahyar mengatakan dua puluh mahasiswa MN mayoritas berasal dari berbagai universitas yang ada di pulau Jawa ini mengikuti Talk Show barsama tokoh Perdaian Aceh, ini merupakan salah satu materi modul supaya Mahasiswa mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang sejarah perjuangan Aceh saat konflik GAM dan melakukan sesi tanya jawab. Zakaria Saman atau yang lebih dikenal dengan nama Apa Karya menyambut baik dan senang dengan kedatangan mahasiswa merdeka, beliau merupakan tokoh pejuang Gerakan Aceh Merdeka. Zakaria Saman dipercaya oleh Hasan Tiro untuk menjabat sebagai menteri pertahanan GAM. Selain sebagai Menteri Pertahanan, Zakaria Saman juga merupakan mantan kombatan GAM yang mendapat pelatihan militer pertama kali di Swedia pada tahun 1985 satu angkatan dengan Muzakir Manaf.

Apa Karya Pria kelahiran Pidie, 1 Januari 1946 saat ini tinggal di daerah Keumala Pidie Aceh mengatakan dengan logatnya yang khas, saya sangat senang dan Bahagia dikunjungi mahasiswa katanya, beliau bercerita Panjang lebar termasuk pada saat Presiden Soekarno dulu pada saat pertama sekali ke Aceh, dan sejarah perjuagan rakyat Aceh untuk memerdekan Indonesia dari penjajah kata beliau kepada Mahasiswa Pertukaran Merdeka (PMM) saat melakukan sesi tanya jawab mengenai sejarah perjuangan Aceh saat konflik GAM terjadi. Asti Nur Fauziah bertanya kepada mantan menteri pertahanan GAM tersebut mengenai tujuan beliau untuk menjadi menteri petahanan GAM dan beliau pun menjawabnya dengan senang hati yaitu tujuan beliau adalah untuk mempertahankan kedaulatan Aceh melalui menteri pertahanan GAM, serta beliau pun merasa prihatin dengan kondisi Aceh saat itu, dan Apa Karya juga sangat prihatin dengan keadaan Aceh saat ini yang terus tertinggal dibanding dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia.

Reporter : JA | Photo : Ist | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia