Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Mahasiswa KKN PPM Unimal kelompok 14 manfaatkan limbah botol plastik untuk dijadikan Celenggan, Sabtu (12/11/2022)

ACEH UTARA – Universitas Malikussaleh (UNIMAL) 2022 mengajarkan kerajinan tangan untuk anak-anak dari limbah plastik yaitu dengan memanfaatkan botol minuman bekas di desa Pulo Iboih Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara, Kamis (10/11/2022)

Ketua Kelompok, Muhammad Haiqal Aulia mengatakan bahwa penggunaan limbah plastik merupakan upaya untuk memanfaatkan bahan bekas agar bernilai ekonomis sekaligus menanggulangi sampah plastik yang kian memprihatinkan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyampaikan bahwa produksi sampah nasional mencapai 175.000 ton per hari. Rata-rata satu orang penduduk Indonesia menyumbang sampah sebanyak 0.7kg per hari. Jika dikalkulasi dalam skala tahunan, Indonesia menghasilkan sampah sebanyak 64juta ton.

“Oleh sebab itu kami memiliki program untuk mengajarkan anak-anak agar dapat membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan botol minuman bekas untuk sedikit mengurangi produksi sampah nasional yang begitu besar. Adapun kerajinan yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat celengan dan lain sebagainya” ungkapnya.

Ia juga menambahkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat celengan ini sangat sederhana. Bahan tersebut seperti botol minuman bekas, gunting, lem, origami, spidol, dan kertas kado. Sebelum dilakukan pembuatan celengan, mahasiswa KKN Kelompok 27 menyampaikan materi tentang bagaimana cara menabung dan bagaimana cara pembuatan celengan dengan botol plastik yang nantinya akan dihias oleh anak-anak, selanjutnya kegiatan pembuatan celengan ini akan dibimbing oleh mahasiswa.

“Dengan adanya kegiatan kerajinan tangan ini dapat meningkatkan kreativitas serta meningkatkan minat menabung anak-anak Gampong Pulo Iboih . Kegiatan ini juga merupakan wadah bagi anak-anak dalam mengekspresikan karya mereka sendiri. Dalam kegiatan kali ini anak – anak sangat senang dan antusias dalam mengerjakan kerajinan tangan tersebut.” imbuh Muhammad.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Mahasiswa KKN kelompok 14 di Gampong Meunasah Kumbang masih di kecamatan yang sama pada Sabtu (12/11/2022)

M Zaki salah satu mahasiswa jurusan Teknik Elektro menuturkan, kegiatan yang diawali dengan memberikan pemaparan materi mengenai pengertian menabung, cara menabung, manfaat hingga sumber uang menabung.

Marjan selaku ketua KKN kelompok 14 mengatakan, pemanfaatan limbah botol plastik untuk dijadikan celengan diharapkan memberi dampak yang baik terhadap anak – anak.

“Melalui kegiatan ini mampu memberikan motivasi kepada anak – anak untuk menabung dengan menyisihkan uang saku yang diberikan orang tuanya untuk ditabung ke dalam celengan. Serta, melalui sosialisasi ini dapat menumbuhkan karakter yang mandiri, disiplin, sabar, bertanggung jawab, dapat menghargai uang, dan mampu mengelola uang”, ujarnya.

Selain itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 14 Sulhatun, M.T, sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKN yang dibimbingnya karena telah memberikan edukasi pentingnya menabung sejak usia dini dan pemanfaatan limbah botol plastik sebagai celengan kepada anak – anak yang ada di Gampong Meunasah Kumbang.

“Kegiatan edukasi ini semoga nantinya dapat menumbuhkan semangat menabung bagi anak – anak dan dapat memberikan pemahaman kepada anak – anak Gampong Meunasah Kumbang bahwa menabung sejak dini sangat bermanfaat bagi masa depan dan melatih menabung bagi anak – anak akan memberikan dampak positif untuk kehidupan dimasa depan”. Pungkas Sulhatun. M.T

Reporter : Khatami & M Zaki | Photo : Ist | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia