Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Photo Bersama Mahasiswa KKN Kelompok 48 dengan Petani Kilometer VIII, Kecamatan Simpang Keramat, Aceh Utara pada Rabu (09/11/2022).

ACEH UTARA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM kelompok 48 melakukan sosialisasi pemanfaatan limbah buah-buahan menjadi pupuk tanaman palawija supaya bisa meningkatkan kandungan fosfor dan meminimalisasi biaya produksi pada tanaman palawija kepada masyarakat di gampong Kilometer VIII, Kecamatan Simpang Keramat, Aceh Utara pada Rabu (09/11/2022).

Muhammad Ikram, selaku ketua kelompok 48 KKN PPM Unimal menyampaikan, bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam pemanfaatan limbah buah-buahan menjadi pupuk ramah lingkungan yang dapat meminimalisir biaya produksi usaha tani masyarakat di Gampong Kilometer VIII

Sehubungan dengan pengetahuan masyarakat yang masih minim tentang pemanfaatan limbah buah-buahan, sehingga kegiatan sosialisasi ini dilakukan oleh mahasiswa kelompok KKN 48 agar dapat membantu para usaha tani palawija untuk meminimalisasi biaya produksi, mengurangi penggunaan pupuk kimia serta memberikan nilai tambah pada limbah buah-buahan yang tadinya tidak memiliki nilai ekonomis menjadi sesuatu yang memiliki manfaat dan nilai guna bagi masyarakat Gampong Kilometer VIII ini nantinya. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa KKN kelompok 48  dengan memanfaatkan mikroba baik melalui limbah buah-buahan dengan cara difermentasikan selama 14 hari, dengan maksud dan tujuan untuk lebih memperbanyak pertumbuhan mikrobanya. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan limbah buah-buahan menjadi pupuk organik.

Baca Juga : MUSREMBANGDES 2023 Gampong Keude Blang Mee Pulo Klat Mengikutsertakan Mahasiswa KKN PPM Kelompok 103

Kegiatan Sosialisasi ini dilakukan oleh mahasiswa kelompok KKN 48 KM VIII Simpang Kramat Aceh Utara yang beranggotakan Mustaghfirina Ashar (Akuakultur), Maria Susana Hindom (Akuakultur), Bayu Dwi Chayo (Teknik Elektro), Nadia Hasely (Manajemen), Yuke Prastuti (Manajemen), Putri Fadila Sari (Teknik Industri), Aldi Alhajj (Ilmu Kelautan), Rizki Hidayat (Teknik Mesin), Iisma linda (Administrasi Publik), Khairunnisah (Ilmu Komunikasi), Mariani (Ekonomi Syariah), Wulidah Rizka (Kedokteran), Alya Raihana (Psikologi), dan Nur Jelia Putri Julheri Amrita (Teknik Sipil).

Sementara itu, Bapak Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 48, sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKN kelompok yang dibimbingnya karena sudah mensosialisasikan pemanfaatan limbah buah-buahan menjadi pupuk, seperti diketahui masyarakat limbah buah-buahan ini sebelumnya dibuang begitu saja dengan adanya sosialisasi ini sudah bisa dimanfaatkan karena bisa meningkatkan produksi petani terutama tanaman palawija, Juni berharap kepada mahasiswa KKN kelompok 48 terus memperkenalkan inovasi-inovasi atau ilmu yang sudah dipelajari dibangku kuliah kepada masyarakat sehingga ilmu yang sudah dipelajari bisa bermanfaat dan masyarakat tercerdaskan.

Dalam kesempatan ini, masyarakat di Gampong Kilometer VIII menyampaikan ucapan terimakasih kepada mahasiswa kelompok 48 atas program KKN PPM yang dilaksanakan Unimal dengan adanya kegiatan sosialisasi ini sangat membantu masyarakat dalam memanfaatkan limbah buah-buahan sebagai bahan pupuk organik.

“Terimakasih kami ucapkan kepada mahasiswa KKN Kelompok 48 yang sudah melakukan sosialisasi tentang pemanfaatan limbah buah-buahan, besar harapan kami untuk pembuatan pupuk organik ini dapat berlanjut ketika kelompok KKN 48 sudah tidak mengabdi lagi di Gampong Kilometer VIII ini”. Ujar masyarakat setempat.

Reporter : JA | Photo : Ist | Editor : Juni Ahyar


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia