Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Photo Bersama Mahasiswa KKN Kelompok 48 dengan Siswa-siswi TK Al-Hafidz Senin (7/11/22)

Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) PPM kelompok 48 melakukan pengabdian dalam aksi melakukan literasi bersama anak-anak TK RA Al-Hafidz  di gampong Kilometer VIII, Kecamatan Simpang Keramat, Aceh Utara pada Senin pagi (07/11/2022).

Muhammad Ikram, selaku ketua kelompok 48 KKN PPM Unimal menyampaikan, bahwa kegiatan literasi yang dilakukan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk menambah wawasan anak-anak di Gampong Kilometer VIII ini.

Kegiatan literasi ini meliputi membaca, menulis huruf, dan angka, menyanyi, menggambar serta mewarnai. Kegiatan ini dilakukan agar anak-anak digampong Kilometer VIII ini mampu untuk memecahkan masalah dalam kemampuan membaca dan menulis bagi anak-anak, kegiatan ini dilakukan oleh Kelompok KKN 48 yang beranggotakan 15 0rang dan diketuai oleh Muhammad Ikram dan beranggotakan Bayu Dwi Chayo (Teknik Elektro), Nadia Hasely (Manajemen), Yuke Prastuti (Manajemen), Putri Fadila Sari (Teknik Industri), Aldi Alhajj (Ilmu Kelautan), Rizki Hidayat (Teknik Mesin), Iisma linda (Administrasi Publik), Khairunnisah (Ilmu Komunikasi), Mariani (Ekonomi Syariah), Wulidah Rizka (Kedokteran), Alya Raihana (Psikologi), Mustaghfirina Ashar (Akuakultur), Maria Susana Hindom (Akuakultur), dan Nur Jelia Putri Julheri Amrita (Teknik Sipil).

Sementara itu, Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 48, mengatakan terus lakukan bimbingan baik membaca maupun menulis kepada masyarakat terutama adek-adek siswa supaya generasi yang akan dating tercerdaskan karena pengertian literasi secara harfiah berasal dari bahasa Inggris yaitu literacy yang bermakna sebuah aksara. Secara etimologis istilah literasi sendiri berasal dari bahasa Latin “literatus” yang artinya adalah orang yang belajar (Sevima,2020). Konsep literasi pada anak merupakan proses berkelanjutan yang sangat dinamis, mulai dari munculnya rasa ingin tahu, kemampuan berpikir kritis, berbahasa lisan, hingga pada kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan tersebut mengikuti perkembangan zaman untuk digunakan dalam proses belajar sepanjang hayatnya. Literasi pada anak usia dini sangat erat kaitannya dengan perkembangan kemampuan berbahasa anak, dimana pada usia 5-6 tahun anak harus mampu memahami bahasa dan menyampaikan bahasa, yang berkaitan dengan proses keaksaraan awal. Kata Juni

Dalam kesempatan yang sama, Geuchik Kilometer VIII Mahyeddin Abubakar beserta masyarakat menyampaikan ucapan terimakasih kepada mahasiswa kelompok 48 atas program KKN PPM yang dilaksanakan Unimal karena kegiatan literasi ini sangat membantu anak-anak kami, sehingga mereka mampu membaca, menulis dan lebih termotivasi karena diajarkan oleh abang-abang dan kakak-kakak mahasiswa.

“Terimakasih kami ucapkan kepada mahasiswa KKN Kelompok 48 yang sudah mengajarkan literasi kepada anak-anak kami di TK RA Al-Hafidz ini”. Ujar geuchik Mahyeddin.

Reporter : JA | Photo : Ist | Editor : Juni Ahyar


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia