Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Photo: Pertukran Mahasiswa Merdeka (PMM) Gampong Rambatan, Kupula, Peukan Baro, Pidie pada Sabtu (5/11/2022)

SIGLI – Mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia yang tergabung dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Tahun 2022 pada kegiatan Modul Nusantara diperkenalkan dengan Tradisi Maulid Aceh di Gampong Rambayan Kupula, Peukan Baro, Pidie pada Sabtu (5/11/2022)

Dosen Pembimbing Modul Nusantara yang juga dosen FKIP Universitas Malikussaleh, Safriana, S. Pd., M. Pd, menyatakan bahwa perkenalan tradisi Maulid Aceh ini merupakan salah satu materi penting dalam materi Kebhinekaan pada kegiatan Modul Nusantara Tahun ini.

“Alhamdulillah hari ini kita mengenalkan tradisi maulid kepada mahasiswa PMM yang dilaksanakan di Gampong Rambayan Kupula, Pidie”. Ungkap Safriana.

Safriana menyatakan bahwa mengenalkan tradisi maulid Aceh yang diselenggarakan oleh warga bukan tanpa alasan, namun menurutnya perayaan tradisi maulid di Pidie terutama Gampong Rambayan Kupula dilaksanakan dengan meriah dan Gampong ini juga masih mempertahankan perayaan tradisi maulid dengan kultur Aceh.

“menurut saya perayaan maulid dapat memberi gambaran yang jelas dan lengkap kepada mahasiswa PMM tentang bagaimana perayaan tradisi maulid Aceh yang penuh dengan nilai-nilai persaudaraan, berbagi dan kasih sesama (Peumulia Jamee), dan toleransi karena masyarakat di sini juga sangat ramah dan menyambut hangat kehadiran mahasiswa PMM”. Terang Safriana.

Dalam kesempatan yang sama, Geuchik Gampong Rambayan Kupula, Abubakar dalam sambutannya menyatakan kebanggaannya bisa berperan dalam kegiatan Modul Nusantara ini dan mempersilahkan mahasiswa untuk mengkaji lebih dalam pelaksanaan tradisi maulid Aceh terutama yang diselenggarakan warga di desa yang dipimpinnya saat ini.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan adik-adik mahasiswa Modul Nusantara ini, apalagi kami mendapat informasi bahwa adik-adik ini dari berbagai daerah di Indonesia dan mempersilahkan untuk mengkaji secara mendalam pelaksanaan tradisi maulid ini, mudah-mudahan dapat menjadi pembelajaran, serta memberi kesan dan pesan yang baik”. Jelas Abubakar.

Selain narasumber dari Dosen Pendamping dan tokoh masyarakat Gampong Rambayan Kupula, turut di dampingi oleh Angga Pratama selaku Mentor Modul Nusantara.

Reporter : JA | Photo : Ist | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia