Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Photo: Mahasiswa KKN Pengajian di Meunasah Gampong Pusong, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Kamis (03/11/2022).

ACEH UTARA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 104 Universitas Malikussaleh mengikuti pengajian rutin malam Jumat laki-laki dan Perempuan yang diselenggarakan di Meunasah Gampong Pusong, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Kamis (03/11/2022).

Geuchik Gampong Pusong Agus Rizal mengatakan, pengajian rutin diikuti oleh warga desa setempat dan juga mahasiswa KKN PMM dengan materi pengajian memandikan Jenazah.

Dalam paparan materi Tgk Suhaimi menjelaskan mengenai siapa saja orang-orang yang boleh memandikan jenazah dan tata cara memandikan jenazah.

Dikutip dari kitab Shalat Jenazah karya Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al Jibrin, yang paling berhak memandikan si manyat adalah orang yang telah ditunjuk oleh si mayat sendiri sebelum wafatnya (berdasarkan wasiatnya).

Kemudian bapaknya, sebab ia tentu lebih memiliki kasih sayang dan mengetahui mengenai si mayat ketimbang anak si mayat sendiri. Kemudian keluarga yang terdekat kepada si mayat.

Jenazah wanita dimandikan oleh pemegang wasiatnya (yaitu orang yang telah ditunjuknya sebelum ia wafat). Kemudian ibunya lalu anak wanitanya setelah itu keluarga terdekatnya.

Seorang suami dibolehkan memandikan jenazah istrinya, berdasarkan sabda Nabi saw kepada Aisyah radhiyallahu anha,

مَا ضَرَّكِ لَوْ مِتِّ قَبْلِي فَغَسَّلْتُكِ

“Tentu tidak ada yang membuatmu gundah, sebab jika kamu wafat sebelum ku, akulah yang memandikan jenazahmu” (Hadits shahih diriwayatkan oleh Imam Ahmad).

Ketua Kelompok KKN PPM 104 Raihan Bhakti (Teknik Elektro) mengatakan, “Dengan adanya kegiatan-kegiatan rutin yang ada di Gampong Pusong Kecamatan Samudera, seperti Pengajian Rutin Malam Jumat, dapat memberikan dampak positif bagi para warga serta bagi kami untuk mendapatkan ilmu agama yang lebih banyak, dan bisa menjalani silaturahmi yang lebih erat dengan mengikuti kegiatan rutinitas lain nya dengan Warga Gampong Pusong Kecamatan Samudera.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 104 Dr. Ikramuddin, S.E., M.Si, sangat mendukung kegiatan religi yang dilakukan mahasiswa kelompok bimbingannya tersebut dan menambahkan, mahasiswa harus aktif dalam berbagai kegiatan di gampong tempatnya melaksanakan KKN dengan memberikan sesuatu hal yang membangun pada masyarakat di Gampong tersebut dalam bidang pengetahuan, agama, teknologi, dan budaya.

Reporter : JA | Photo : Ist | Editor : Juni Ahyar


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia