Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Photo: Mahasiswa KKN PPM kelompok 48 Kilometer VIII Simpang Kramat 4/11/22

ACEH UTARA – Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) PPM kelompok 48 melakukan pengabdian dalam aksi menanam nilam di gampong Kilometer VIII, Kecamatan Simpang Keramat, Aceh Utara pada Kamis pagi (04/11/2022).

Muhammad Ikram, selaku ketua kelompok 48 KKN PPM Unimal mengatakan bahwa, kegiatan menanam nilam ini berupa upaya yang dilakukan untuk mengembangkan dan melestarikan potensi yang ada di gampong Kilometer VIII ini.

Kegiatan dalam rangka pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan sosial pengembangan potensi yang ada digampong Kilometer VIII. Guna menggali dan mengembangkan potensi di Gampong tesebut. Nilam Aceh (Pogostemon Cablinbenth) merupakan nilam unggul dengan kualitas terbaik dunia karena menghasilkan minyak dengan rendemen 3% dan kandungan Patchouly Alcohol (pa) diatas 30%, minyak nilam ini mutlak dibutuhkan dalam industri parfum sebagai bahan pfixatif pengikat aroma, yang berasal dari gampong Kilometer VIII Kecamatan simpang Keramat Aceh Utara.

Sementara itu, Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 48, sangat mendukung kegiatan mahasiswa KKN yang dibimbingnya untuk terus memotivasi masyarakat dalam memberdayakan potensi gampong yang sudah ada karena Ketika kita berbicara mengenai potensi, pasti akan merujuk pada segala sesuatu yang dapat mendukung pembangunan dan dapat dikembangkan kearah yang lebih baik. Sedangkan permasalahan akan merujuk pada segala sesuatu yang menghambat pembangunan dan pengembangan gampong. Dari proses identifikasi potensi dan masalah kita dapat mengetahui kira-kira apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkan maupun menyelesaikan masalah yang ada di gampong. Di Kilometer VIII Kecamatan simpang Keramat Aceh Utara.sendiri Pemerintah gampong harus ikut menggalakkan program-program pemberdayaan kepada masyarakat dalam beberapa sektor sebagai berikut:

  1. Sektor Pendidikan
  2. Sektor Ekonomi Kreatif
  3. Sektor Pertanian

Mengembangkan potensi gampong melalui pemberdayaan masyarakat, di Kilometer VIII Kecamatan simpang Keramat Aceh Utara.perlu adanya partisipasi dan dukungan yang baik dari masyarakat maupun Pemerintah gampong Kilometer VIII untuk mengembangkan potensi guna meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Selain itu pemerintah gampong juga harus membekali masyarakatnya dengan ilmu berupa kemampuan dan ketrampilan untuk bisa berinovasi menciptakan produk baru pemanfaatan minyak nilam yang nantinya dapat menjadi potensi yang dapat dikembangkan menjadi gampong sentral industi minyak nilam dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di gampong Kilometer VIII Kecamatan simpang Keramat Aceh Utara.

Dalam kesempatan yang sama, Geuchik Mahyeddin Abubakar beserta masyarakat gampong Kilometer VIII menyampaikan ucapan terimakasih kepada mahasiswa KKN PPM Unimal yang sudah ikut memberdayakan potensi gampong kami dan sangat membantu masyarakat.

“Terimakasih banyak atas kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok 48 KKN PPM Unimal, kegiatan yang dilakukan ini sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan potensi yang ada di gampong ini”. Ujar Mahyeddin.

Reporter : JA | Photo : Ist | Editor : Juni Ahyar


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia