Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Sertifikasi Kualifikasi Instruktur Guna Peningkatan Mutu, Medan, Sumatra Utara, Selasa (25/10/2022)

MEDAN – Sepuluh instruktur dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Aceh mengikuti sertifikasi metodologi pelatihan dalam rangka peningkatan mutu tenaga instruktur yang dilaksanakan di hotel Harper Wahid Hasyim, Medan, Sumatra Utara, Selasa (25/10/2022)

Sertifikasi Metodologi Pelatihan yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Instruktur dan Tenaga Pelatihan Nasional (LSP INNAS) diikuti oleh 10 orang instruktur dari berbagai daerah di Aceh yang difasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh dan berlangsung selama 6 hari dari tanggal 20 hingga 26 Oktober Tahun 2022.

Pemberian materi dilakukan secara blendeed, melalui pembelajaran jarak jauh (online) selama 4 hari dari tanggal 20 hingga 23 Oktober 2022, sedangkan tahap akhir dilakukan sertifikasi kompetensi secara tatap muka langsung (offline) dari tanggal 24 hingga 26 oktober 2022 oleh LSP INNAS.

Rahmad (45) selaku asesor dari LSP INNAS menuturkan, pelaksanaan asesmen berjalan dengan baik dan lancar serta merekomendasikan kompeten kepada seluruh asesi berjumlah 10 asesi mengikuti asesmen, semoga hasil yang dicapai pada pelaksanaan sertifikasi sesuai dengan yang diharapkan Bersama. Apapun yang didapat dari hasil penilaian asesor adalah pendorong untuk terus memelihara dan memacu peningkatan kompetensi yg dimiliki.

Peningkatan kompetensi tidak saja dari sisi kualitas pelatihan, tetapi juga kualitas pelatihnya. Tidak saja sarana pelatihannya, tetapi implementasi penggunaan kompetensi yang dimiliki untuk membangun Indonesia Kompeten.

“Semoga hasil rekomendasi yang diperoleh dapat menjadikan motivasi kita dalam rangka penguatan sinergi antar kepentingan dan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing SDM Indonesia dan semoga bermanfaat bagi kita semua dalam upaya meningkatkan kompetensi serta kualitas pelatihan di Indonesia, Selamat Membangun SDM Indonesia yang Kompeten” tutup Rahmad.

Dalam kesempatan yang sama Qifti Reza Kesuma, ST selaku Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Disnakermobduk Aceh yang turut hadir memaparkan bahwa kegiatan sertifikasi metodologi pelatihan ini merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang instruktur LPK.

“Kemampuan dan kapasitas seorang instruktur dapat diukur melalui sertifikasi metodologi, sehingga nantinya kami berharap instruktur LPK yang ada di Aceh, baik dari UPTD BLK maupun dari LPK swasta memiliki kompetensi yang terukur dan diakui oleh negara” demikian sambutan Qifti pada saat pembukaan kegiatan (24 Oktober 2022)

“Kompetensi yang diakui dan dimiliki akan lengkap apabila bermanfaat bagi masyarakat” tutup Qifti dalam sambutannya.

Muhammad Juanda Arif (22) selaku asesi paling muda diantara seluruh peserta menuturkan, dirinya merasa bangga bisa mengikuti dan menyelesaikan proses sertifikasi sehingga direkomendasikan kompeten.

Instruktur barista asal UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Bireun itu mengakui sempat mengalami kewalahan akibat mengerjakan tugas yang banyak dengan waktu yang singkat dalam mengikuti pelatihan Metodologi, namun hal itu bisa dilewati dengan penuh semangat sehingga menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawabnya selaku asesi.

“Banyak ilmu baru yang saya dapatkan dengan mengikuti sertifikasi yang diadakan oleh Disnaker Mobduk Aceh tentunya ilmu – ilmu ini akan saya terapkan di saat mengajar nanti”, tutur Juan.

Reporter : Ek | Photo : Amri | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia