Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Ketua DPR RI Puan Maharani, Selasa (18/10/2022) Dok.dpr.go.id

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Pemerintah fokus terhadap penyelamatan korban dan memberikan bantuan kepada warga terdampak bencana. Permintaan Puan itu dikarenakan sejumlah Daerah di Indonesia diterjang bencana banjir dan longsor beberapa hari terakhir.

Berdasarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 76 bencana alam banjir hingga tanah longsor dalam sepekan terakhir yang mengakibatkan 13 orang meninggal dunia akibat bencana banjir dan tanah longsor.

Melansir dpr.go.id, Puan mengatakan, atas nama pribadi dan pimpinan DPR dirinya mengucapkan dukacita yang mendalam untuk para korban yang meninggal dunia serta mengalami luka – luka akibat bencana banjir dan longsor di beberapa wilayah di Tanah Air, ucap puan pada Selasa (18/10/2022)

Selain itu Banjir yang menyebabkan ratusan warga sempat terisolir di rumahnya itu juga mengakibatkan sejumlah infrastruktur seperti jalan dan jembatan terjadi kerusakan, selain itu juga mengakibatkan sejumlah hewan ternak warga mengalami kematian, bahkan sejumlah orang dikabarkan hilang akibat terseret arus banjir bandang.

“Pemerintah bersama stakeholder terkait, Tim SAR harus fokus pada penyelamatan korban. Pastikan korban – korban yang hilang ditemukan,” tegas Ketua DPR RI.

Puan mengingatkan Pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk segera menyalurkan bantuan kepada korban terdampak. Ketua DPR RI itu juga menghimbau agar Pemerintah memberi bantuan kepada warga yang rumahnya rusak dan kehilangan hewan ternak.

“Berikan pelayanan terbaik bagi warga, termasuk memperhatikan kebutuhan anak-anak, lansia, ibu hamil dan menyusui. Area pengungsian pun harus nyaman dan dilengkapi dengan kebutuhan medis bagi warga,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Puan meminta pemerintah dan pemangku kepentingan lain untuk selalu siaga dan memitigasi dampak bencana akibat cuaca ekstrem. Masyarakat pun disarankan agar selalu waspada serta memperhatikan informasi dan peringatan cuaca dari BMKG.

“Saya juga meminta anggota dewan yang sedang memasuki masa reses untuk turun dan membantu warga, khususnya anggota DPR yang dapilnya mengalami bencana banjir dan longsor,” ujar Puan.

Puan meminta Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memperhatikan kebutuhan warga terdampak bencana dengan membuat posko-posko darurat untuk memfasilitasi masyarakat.

“Anggota dewan bekerja sama dengan Pemerintah, Tim SAR, TNI/Polri, maupun relawan harus bisa menghadirkan solusi untuk semua kebutuhan korban banjir dan longsor,” tutup Ketua DPR RI.

Reporter : EK | Photo : dpr.go.id | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia