Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Gubernur Papua Lukas Enembe

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah Gubernur Papua Lukas Enembe di Jakarta. Penggeledahan rumah Gubernur Papua tersebut yang dilakukan oleh KPK diduga terkait dengan kasus suap dan gratifikasi APBD Provinsi Papua.

Ali Fikri selaku Kepala Bagian Pemberitaan KPK menyebutkan, tim penyidik telah selesai melaksanakan pengeledahan di beberapa tempat di wilayah Jabodetabek pada Kamis (13/10/2022)

Ali Fikri juga menyatakan telah melaksanakan upaya paksa pengeledahan di beberapa tempat di wilayah Jakarta, Jabodetabek, Jum’at (14/10/2022)

Dari beberapa tempat pengeledahan yang dilakukan KPK salah satunya merupakan rumah Lukas Enembe yang di Jakarta.

Dari pengeledahan itu, KPK menemukan dan mengamankan sejumlah bukti dari berbagai dokumen aliran uang yang nantinya akan masuk ke dalam berkas perkara penyidikan.

Selain itu KPK juga telah melakukan pemblokiran rekening Lukas dan istrinya Yulce Wenda hingga memeriksa beberapa saksi.

Ali Fikri juga menuturkan, KPK kesulitan untuk melakukan pemeriksaan terhadap Lukas dan keluarganya, hal itu dikarenakan dari dua panggilan baik sebagai saksi maupun tersangka, Lukas selalu absen dengan berdalih masih menderita sakit.

Selain itu Istri dan anak Lukas yakni Yulce Wenda dan Astract Bona Timoramo Enembe juga mangkir dari panggilan penyidik KPK.

Atas dasar itu, lembaga anti rasuah itu membuka komunikasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Papua untuk bisa memeriksa Lukas.

Adapun dalam perkara ini, Lukas Enembe menjadi tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi APBD Provinsi Papua, sehingga Lukas Enembe pun dicegah bepergian ke luar negeri selama enam bulan terhitung sejak 7 September 2022 hingga 7 Maret 2023

Reporter : EK | Photo : Net | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia