Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Photo Motivasi Belajar Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd

EDUKASI – Motivasi diri dan semangat kuliah harus ditanamkan setiap mahasiswa dalam menuntut ilmu. Memang pasti akan terdapat sebuah fase dimana kamu merasa jenuh dengan rutinitas, termasuk juga dengan dunia perkuliahan. Biasanya rasa jenuh kuliah yang muncul dapat disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya adalah seperti kegiatan kuliah dan organisasi yang cukup padat sehingga banyak menguras energi dan pikiranmu, tugas kuliah, penelitian, dan tugas lain yang masih banyak sekali jumlahnya. Faktor-faktor seperti ini sangat berpotensi untuk membuatmu merasa jenuh. Bahkan bisa lebih parah, kamu akan merasakan mulai malas dengan segala hal yang berhubungan dengan perkuliahan. Tentu kamu harus mengendalikan jangan sampai rasa jenuh dan rasa malas menguasai dirimu.

Tanda-tanda jika kamu sudah jenuh dengan rutinitas adalah mulai malas pergi kuliah, tidak bisa fokus menerima materi perkuliahan, tidak mendengarkan dosen, sulit memahami materi, hingga merasa stress. Jika sudah seperti ini, maka tandanya kamu memerlukan motivasi untuk meningkatkan kembali rasa semangat kuliah. Bentuk mindset dalam dirimu bahwa kuliah dan belajar itu menyenangkan. Meskipun dalam pelaksanaannya memang tidak selalu mudah, tapi yakinkan bahwa dirimu mampu melewati semua rintangan yang ada di depan mata karena mahasiswa memasuki usia yang beranjak dewasa, motivasi belajar merupakan kendala besar bagi sebagian mahasiswa. Seperti yang kita ketahui bahwa mahasiswa merupakan level pelajar yang paling tinggi, tentunya materi pembelajarannya jauh lebih sulit dibandingkan jenjang-jenjang pendidikan sebelumnya. Untuk itu motivasi belajar harus ada pada dirinya. Sebelum Anda mencari motivasi belajar, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai apa motivasi Anda kuliah ini. Selanjutnya barulah Anda boleh mencari cara meningkatkan motivasi belajar diri sendiri, cara agar semangat kuliah, motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan, motivasi untuk mahasiswa yang malas belajar. Anda bisa menggunakan smartphone Anda untuk mencari artikel motivasi belajar mahasiswa yang biasanya berisikan hal-hal tentang motivasi belajar mahasiswa. Untuk mempermudah Anda, berikut Juni Ahyar Praktisi dan Peneliti Pendidikan memberikan langkah-langkah untuk menemukan motivasi belajar mahasiswa yang bisa Anda terapkan.

2. Coba Ingat Kembali Tujuan Kamu Kuliah

Berkuliah memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Pasti banyak kesulitan dan hambatan yang akan ditemui. Tak jarang hambatan ini yang membuatmu ingin berhenti. Ibarat kata orang “sudah gagal sebelum berperang”. Jika sudah seperti ini, maka kamu harus mengingat kembali tujuan awal kamu berkuliah. Mungkin pernyataan ini terdengar sangat biasa untukmu. Tapi ini merupakan cara yang ampuh. Dengan mengingat-ingat kembali tujuan awal kuliah, maka semangat dan motivasi diri akan meningkat.

Baca juga: Pendidikan Moral Siswa Bukan Hanya Tanggung Jawab Lembaga Pendidikan

Coba ingat lagi bagaimana perjuanganmu dulu untuk bisa sampai sekarang. Tentu kamu tidak ingin bukan, jika usaha dan perjuanganmu selama ini tidak membuahkan hasil sama sekali dan terkesan sia-sia? Karena setiap orang pasti memiliki impian mereka sendiri-sendiri. Dan kuliah ini mungkin adalah salah satu jalan yang kamu tempuh untuk meraih mimpi. Oleh karena itu kamu harus tetap semangat kuliah.

2. Berpikir logis

Dengan kesadaran penuh, Anda perlu merenungkan dan bertanya pada diri sendiri. Mengapa Anda harus kuliah? Dan apa sebenarnya tujuan Anda kuliah? Dengan mengetahui jawaban-jawaban tersebut, nantinya Anda akan sadar bahwa belajar itu sangatlah penting untuk menunjang keberhasilan kelak di masa mendatang.

Perlu diingat pula, semua hal tersebut sebenarnya merupakan sebuah komitmen dalam jangka panjang. Jika Anda melihat belajar itu layaknya lari maraton, maka Anda tidak akan memiliki tekanan terlalu besar dan dengan peningkatan-peningkatan kecil motivasi Anda akan tetap terjaga.

3. Berikan Self RewardSebagai Sebuah Bentuk Penghargaan kepada Diri Sendiri

Apakah kamu pernah memberikan dirimu sendiri penghargaan setelah berhasil melewati sesuatu yang berat? Jika belum pernah, maka kamu harus memberikan dirimu penghargaan mulai dari sekarang. Penghargaan itu dapat berupa me time dengan pergi ke bioskop, membeli makanan yang enak, membeli sesuatu yang disukai, pergi jalan-jalan, dan lain sebagainya. Mungkin self reward terdengar sangat sepele dan tidak begitu penting. Padahal memberikan self reward ke diri sendiri sangat penting karena dapat semakin memotivasi diri. Terutama untuk kamu yang ada di fase jenuh.

Manfaat dari memberikan penghargaan kepada diri sendiri antara lain:

  • Sebagai penghargaan bahwa kamu mencintai dirimu sendiri
  • Kamu berhak bersenang-senang karena telah berhasil melewati sesuatu yang berat. Ini membuktikan bahwa kamu hebat!
  • Untuk memberikan motivasi agar dirimu sendiri improve menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
  • Memberikan self reward juga akan membantumu melepaskan rasa penat dan stress.

Banyak sekali bukan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memberikan dirimu self reward, mulai sekarang mari berikan penghargaan dan reward kepada diri sendiri untuk meningkatkan motivasi diri agar lebih semangat menjalani hari-hari.

4. Ingat Kedua Orang Tua

Apabila kamu sering merasa jenuh dengan kuliah, malas mengerjakan segala tugas, dan rasanya hanya ingin berhenti saja. Cobalah motivasi diri dengan mengingat kembali dan bayangkan kedua orang tuamu. Bukan ingin membandingkan siapa yang kondisinya lebih susah, tapi ingat jika mereka juga sama berjuangnya denganmu. Terlebih jika orang tuamu masih menanggung semua biaya pendidikanmu. Maka ingatlah bahwa kedua orang tuamu juga pasti berperan besar dalam kesuksesanmu nantinya. Kedua orang tuamu juga mungkin menaruh harapan terhadapmu. Jangan sampai mengecewakan kepercayaan orang tua yang sudah mereka diberikan terhadapmu.

5. Sesekali Lihat Kebawah, Maka Kamu Akan Merasa Lebih Bersyukur

Lingkungan pertemanan di dunia perkuliahan, akan mempengaruhi cara berpikir dan perilakumu. Meski tidak semua begitu, tapi mayoritas lingkungan pertemanan sangat berdampak besar terhadap dirimu. Jika kamu berteman dengan orang-orang yang rajin, maka akan mendorongmu untuk berperilaku seperti itu juga. Namun jika lingkunganmu penuh dengan orang-orang yang rajin, maka pasti juga akan memberikan dampak terhadap dirimu. Oleh karenanya, memilih lingkungan pertemanan yang cocok sangat penting terutama dalam memotivasi diri. Sesekali kamu juga perlu untuk melihat ke bawah, masih banyak sekali orang-orang yang belum dapat merasakan pengalaman yang kamu dapatkan selama ini. Coba lebih syukuri hal-hal kecil yang sudah kamu dapatkan selama ini. Itu akan membuat hidupmu merasa cukup dan membuatmu semakin semangat melakukan tugas-tugasmu.

6. Jangan Suka Menunda Pekerjaan

Untuk motivasi diri selanjutnya hindarilah kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaan. Karena jika kamu suka menunda pekerjaan, maka malah akan membuat pekerjaan lain semakin menumpuk. Jika sudah seperti itu, pasti produktivitas akan ikut terhambat. Dan akan membuat pekerjaan lain terbengkalai hingga kamu bingung mau mengerjakan tugas yang mana dahulu. Sebisa mungkin kamu harus menghindari kebiasaan tidak baik seperti ini.

Jika memang kamu merasa sangat penat untuk membagi pikiran antara tugas dengan kesibukanmu yang lain, maka kamu bisa melakukan refreshing. Kamu bisa melupakan tugasmu sejenak dan melakukan refreshing. Tapi ingat, tujuan refreshing disini adalah untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari ya jangan sampai terlalu senang refreshing dan melupakan tanggung jawab awalmu. Ingat bahwa semua hal harus seimbang agar tercapai hasil yang optimal.

7. Temukan Metode Belajarmu Sendiri

Kenyamanan dalam belajar merupakan hal yang paling utama. Ciptakan lingkungan yang nyaman untuk belajar, baik di rumah maupun di lingkungan kampus. Temukan metode belajar yang cocok dan efektif untuk dirimu sendiri. Misalkan dengan menciptakan lingkungan yang kondusif, mendekorasi kamar agar kamu lebih betah untuk berlama-lama belajar, membuat jurnal untuk mencatat to-do-list atau agenda sehari-hari, dan lain sebagainya. Lingkungan yang nyaman dan kondusif akan membuat motivasi dirimu untuk membuatmu semakin semangat belajar secara efektif.

8. Bertemanlah dengan orang yang memiliki semangat belajar tinggi

Di usia remaja, teman memang sangat mempengaruhi perkembangan diri kita. Apalagi jika Anda selalu bersamanya, maka segala sifat ataupun kebiasaan yang tertanam di diri teman Anda secara tidak langsung akan tertular kepada diri Anda. Jika Anda memiliki teman yang malas untuk belajar, otomatis akan membuat Anda terpengaruh dan ikut-ikutan malas belajar.

Baca juga: Beberapa Tips Belajar Mata Kuliah Yang Tidak Disukai Oleh Mahasiswa

Sudah bukan alasan baru lagi jika Anda menemukan teman yang malas belajar dikarenakan temannya teman Anda tersebut juga tidak memiliki semangat untuk belajar. Sebaliknya, jika Anda memiliki seorang teman yang mempunyai semangat tinggi untuk belajar, secara tidak langsung Anda pun akan memiliki semangat dan motivasi yang tinggi pula untuk belajar. Aura positif yang dibawa oleh teman Anda tanpa Anda sadari telah menular kepada Anda. Oleh karena itu, pintar-pintarlah dalam memilih teman di kampus, karena teman ternyata turut mempunyai andil penting dalam proses perkuliahan Anda.

9. Buatlah sebuah target pencapaian

Target juga turut menjadi poin penting yang wajib untuk Anda rencanakan. Anda tidak bisa hanya mengandalkan ingatan saja, karena daya ingat otak kita tidak akan bisa untuk selalu mengingat semua hal. Tulislah sebuah target yang akan dicapai di sebuah kertas, setelah itu tempelkan di tempat-tempat yang setiap hari Anda lihat yakni seperti di dinding kamar, lemari, ataupun dapat juga ditulis di buku perkuliahan. Dengan menuliskan sebuah target pencapaian ini, Anda akan memiliki kekuatan yang besar untuk mendapatkan sebuah keberhasilan.

10. Buktikan bahwa Anda cerdas

Setiap manusia tentu sudah dibekali Tuhan dengan otak yang membuat kita dapat berpikir. Perlu Anda ketahui bahwa yang memutuskan Anda cerdas atau tidak, sepenuhnya bukan karena otak saja, tetapi juga dengan adanya sebuah keinginan. Seseorang yang mempunyai keinginan tinggi akan memiliki motivasi tinggi pula. Anda bisa membuktikan kepada orang-orang disekitar Anda terlebih dahulu bahwa Anda termasuk orang yang memiliki keinginan tinggi. Dengan modal tersebut maka Anda juga akan memiliki motivasi untuk semangat belajar. Semangat belajar yang tinggi akan membuat Anda lebih cerdas.

Baca juga: MEREFLEKSIKAN PEMBELAJARAN DI MASA DARING KE MASA LURING

11. Belajarlah dalam suasana yang baik

Sebenarnya tidak ada namanya suasana terbaik, mengenai hal itu hanya Anda saja yang bisa menentukannya sendiri. Sebagian orang memilih belajar di suasana santai kedai kopi, beberapa lagi memilih suasana yang benar-benar sunyi seperti kamar tidurnya, ada juga yang nyaman belajar di taman atau suasana outdoor, dan mungkin juga merasa lebih mudah jika berada di perpustakaan. Nah, mulai sekarang cobalah menemukan suasana yang menurut Anda paling baik. Dengan begitu motivasi belajar Anda perlahan-lahan bisa meningkat dengan sendirinya.

12. Membentuk kelompok belajar

Meskipun tidak semua orang menyenangi untuk belajar secara berkelompok, namun tak ada salahnya Anda mencoba hal yang satu ini. Anda bisa bertukar ilmu pengetahuan dan banyak hal ketika belajar secara berkelompok dan teman kelompok Anda pun secara tidak langsung juga dapat membantu Anda untuk tetap berada di jalur yang tepat. Karena bagaimanapun juga Anda tentu lebih nyaman belajar dengan teman bukan dibanding harus belajar langsung dengan dosen? Belajar kelompok inilah yang bisa menjadi alternatif terbaik Anda untuk bisa memantapkan pemahaman dengan mengajarkannya kepada orang lain.

13. Jangan lupa bersenang-senang

Siapa bilang orang yang rajin belajar tidak butuh waktu untuk bersenang-senang? Jika Anda berpikiran demikian, maka disini Juni tekankan bahwa pemikiran Anda tersebut kurang tepat. Apabila Anda hanya memfokuskan diri pada kuliah Anda saja tanpa menyempatkan diri untuk bermain sejenak, maka Anda akan merasa seperti berada dalam sebuah tekanan. Jangan lupa untuk hargai diri Anda sendiri dengan cara meluangkan waktu sejenak untuk sekedar hangout dengan teman, menonton film di bioskop, bersantai di kafe, ataupun hal lainnya yang bisa membuat Anda refreshing beberapa saat. Dengan demikian mood Anda akan tetap stabil dan semangat belajar Anda pun akan tetap terjaga. Itulah tadi beberapa cara meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa.

Penulis : Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd. merupakan Seorang Dosen Mata Kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia dibeberapa Kampus ternama di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, selain Praktisi juga Peneliti Pendidikan.


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia