Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Sejumlah Guru berpose bersama setelah Zikir bersama di halaman Kantor Bupati Aceh Utara, Landing (18/08/2022)
ACEH UTARA – Ribuan orang padati halaman kantor Bupati Aceh Utara untuk lantunkan zikir bersama yang diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI dan memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, berlangsung di Lapangan Upacara Landing, Kantor Bupati Aceh Utara, Kamis (18/08/2022)

Zikir bersama yang dimulai pada pukul 06.30 WIB dihadiri oleh ASN Pemerintah Aceh Utara, para siswa, guru, santri serta guru dayah. Juga dihadiri anggota DPRK, sejumlah Ormas, organisasi profesi, OKP, LSM, dan berbagai komponen masyarakat lainnya.

Terlihat juga yang hadir di lokasi, di antaranya Penjabat Bupati Azwardi, AP, MSi, mantan Bupati H Muhammad Thaib, para pejabat Forkopimda, Plt Sekda Dayan Albar, SSos, MAP, Asisten II Ir Risawan Bentara, MT, Asisten III Drs Adamy, MPd, para Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPK, dan para Camat se Aceh Utara.

Zikir dimulai setelah dilakukan pembukaan secara resmi oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi. Dalam sambutannnya, Pj Bupati Aceh Utara mengatakan, zikir yang dilaksanakan seusai peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini untuk kembali mengingatkan kita pada kalimat dalam Pembukaan UUD ’45, yaitu Atas Berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan Dengan Didororngkan oleh Keinginan Luhur.

Menurutnya Azwardi, kalimat tersebut mengingatkan kita bahwasanya kemerdekaan yang kita raih 77 tahun yang lalu adalah berkat rahmat Allah SWT. Selanjutnya barulah para pendiri bangsa meletakkan kalimat ‘Dan Dengan Didorongkan oleh Keinginan Luhur’.

“Pada pagi ini sebagai generasi penerus bangsa, kita tidak boleh terpisah dari spiritual Islam. Karena semangat keislaman dalam dada para pejuang kemerdekaan, maka Allah SWT menurunkan berkah kemerdekaan kepada Bangsa Indonesia”, kata Azwardi.

Pj Bupati menuturkan, generasi bangsa harus terus menanamkan nilai-nilai islami dalam setiap aspek aktivitas hariannya. menurutnya, nilai islam harus dimulai dari anak didik dari jenjang pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, jenjang pendidikan menengah serta jenjang pendidikan tinggi. Maka seluruh lembaga pendidikan di Aceh Utara akan memulainya dengan zikir.

“Dengan kegiatan Aceh Utara berzikir kita berharap akan terwujud Bumi Malikussaleh sebagai Kabupaten Berzikir, yakni kabupaten yang Bersyariah, Zona Sejarah, Islami, Kreatif, Inovatif dan Responsif”, harap Azwardi.

Selanjutnya, setiap pagi hari di sekolah-sekolah akan memulai proses pembelajaran dengan berzikir. Sehingga anak-anak didik sebelum memulai pembelajaran, terlebih dahulu mendapatkan siraman rohani dengan zikir kepada Ilahi Rabbi.

“Upaya ini merupakan sebuah ikhtiar untuk melahirkan generasi bangsa yang hebat yang nantinya selalu terikat hatinya dengan nilai-nilai islami,” ungkap Azwardi.

Seusai menyampaikan sambutannya, kemudian Bupati Azwardi bersama pejabat Forkopimda melakukan pelepasan balon dan banner tanda dibukanya acara Aceh Utara berzikir. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung rutin setiap tahun, sebagai bagian dari rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI di Aceh Utara.

Kegiatan Aceh Utara Berzikir ini dipimpin langsung oleh Tgk H Jamaluddin Ismail alias Walidi (Imum Syik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon) yang juga Ketua Majelis Zikir Pemersatu Umat.

Ketua Panitia Pelaksana Aceh Utara Berzikir, Dayan Albar, SSos, MAP, mengatakan peserta zikir ini seluruh pegawai Aceh Utara, siswa SD sampai dengan SMA dan santri, jamaah Anak Berzikir Aceh Utara, jamaah safari subuh Tadzkiratul Ummah, Komunitas Pemuda Subuh Aceh Utara, seluruh guru, pengawas sekolah dan Kepala Sekolah, jamaah balai-balai pengajian dan seluruh Ormas. kegiatan Aceh Utara Berzikir sebagai ungkapan syukur atas HUT Kemerdekaan RI yang ke-77.

Dayan Albar berharap, kegiatan zikir akbar ini akan berlangsung setiap tahun pada momen rangkaian memperingati HUT RI. Sehingga generasi ke depan dapat lebih menghargai jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan.

“Kami berharap dengan kegiatan zikir ini akan menanamkan nilai-nilai islami dalam jiwa para generasi penerus bangsa di Aceh Utara, sehingga setiap aktivitas dan kegiatan yang dilaksanakan di Aceh Utara akan selalu mendapatkan berkah dari Allah SWT”, harap Dayan.

Reporter : Ek | Photo : Nurlina Nurdin | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia