Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Juni Ahyar Praktisi dan Peneliti Pendidikan

EDUKASI – Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman. Jika dulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis Pentingnya keterampilan literasi dan numerasi dibutuhkan hampir 98% aspek kehidupan. Keterampilan tersebut secara eksplisit diajarkan dalam studi Matematika/Statistika.

Faktanya, para mahasiswa bahkan tidak mengetahui penerapan pengetahuan Matematika/Statistika yang diperoleh secara langsung pada bidang lain. Hal ini menunjukkan bahwa semua tenaga pendidik perlu memberikan fasilitas terkait proses penerapan ilmu eksak tersebut.

Pentingnya Keterampilan Literasi dan Numerasi

Di abad – 21 ini kita tengah menghadapi peningkatan daya saing pada berbagai aspek kehidupan. Salah satu tantangan yang mau tak mau harus dihadapi adalah kemampuan literasi dan numerasi yang sesuai. Mulai dari kehidupan sosial, politik, pendidikan, hingga kehidupan berkarir. Termasuk di dalamnya kemampuan untuk berpikir kritis, dimana harus bisa memecahkan sebuah permasalahan hingga mencari ide-ide kreatif lainnya.

Dosen terlebih dahulu harus mengetahui kepribadian dan kemampuan yang dimiliki setiap peserta didik. Ini bertujuan untuk memudahkan para dosen menemukan solusi dari permasalahan yang mungkin saja terjadi di kemudian hari.

Tak mudah memang, namun dosen harus tetap berjuang untuk menyampaikan pembelajaran tersebut. Agar hasil yang diperoleh maksimal, ada beberapa tips sukses yang bisa diterapkan oleh dosen dalam pembelajaran.

Bantu Mahasiswa Memahami Apa Itu Literasi Numerasi dan Arti Pentingnya

Tak kenal maka tak sayang. Jika mahasiswa saja tidak tahu apa yang mereka kaji, tentu tidak akan tumbuh ketertarikan untuk mempelajari bahkan mengenalnya. Terlebih sejak dulu, di mata para mahasiswa, Matematika/Statistika dan dosen bidang studi tersebut dianggap sebagai momok yang mengerikan.

Oleh karena itu, hal yang harus dilakukan oleh dosen adalah membantu mengenalkan ilmu tersebut dan mengapa mereka harus mempelajarinya. Berikan beberapa contoh nyata penerapan ilmu tersebut supaya mereka memperoleh gambaran yang jelas.

Dorong Mahasiswa Agar Aktif Bertanya

Setelah timbul ketertarikan mengenal ilmu literasi dan numerasi, beri penjelasan tentang materi yang sedang dipelajari. Selanjutnya, luangkan waktu dan dorong para mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan.

Tunjukkan reaksi positif saat mereka bertanya. Dengan demikian, mereka akan selalu termotivasi untuk bertanya di kemudian hari. Dosen dapat mencoba menerapkan model pembelajaran problem posing.

Mengenalkan Strategi Pemecahan Masalah

Tips agar arti pentingnya keterampilan literasi dan numerasi semakin dipahami mahasiswa adalah mengajari bagaimana menyelesaikan berbagai bentuk permasalahan yang ada di perkuliahan Matematika/Statistika. Diharapkan para mahasiswa lebih mudah menyelesaikan masalah, bahkan lebih efektif dan efisien.

Dorong Mahasiswa untuk Bisa Berpikir Lebih Kritis, Rasional, Kreatif dan Logis

Rasional merupakan kecakapan yang melibatkan cara berpikir dengan logika. Semua hal bukan hanya dipikirkan, namun juga dipertimbangkan secara logis, lebih tepatnya menurut pemikiran yang sehat.

Dorong mahasiswa agar bisa menemukan, membayangkan, serta merancang apa yang sebenarnya sedang dipikirkan. Cara yang dapat ditempuh oleh tenaga pengajar/dosen untuk meningkatkan pemikiran kreatif para mahasiswa antara lain sering mengadakan debat ilmiah antar mahasiswa dan menggunakan metode diskusi.

Orang-orang yang berpikir kreatif biasanya mempunyai berbagai asumsi tentang banyak hal. Ini karena kreativitas memiliki ranah tidak terbatas.

Hadirkan Graphic Organizers

Menggunakan model pembelajaran berupa graphic organizer juga akan membantu mahasiswa mudah membingkai sekaligus mengorganisir peta pemikiran mereka. Pada tahap ini mintalah mahasiswa untuk menggambarkan sekaligus menghubungkan konsep dan menjelaskan hubungan yang terjadi dari konsep tersebut.

Secara umum, mahasiswa akhirnya bisa menentukan apa yang ditanyakan, mempertimbangkan dan mencoba strategi, menentukan dan menemukan jawaban, hingga memberikan jawaban akhir dari soal yang diberikan.

Keberhasilan dan arti pentingnya keterampilan literasi dan numerasi terletak pada model dan metode pembelajaran yang digunakan para pengajar/dosen. Apabila mahasiswa paham dengan penjelasan yang disampaikan dosen, secara tidak langsung dosen juga meningkatkan motivasi dan membuat mahasiswa menjadi lebih aktif.

Juni Ahyar Praktisi dan Peneliti Pendidikan menambahkan setidaknya ada 4 Cara Menciptakan Pembelajaran Kreatif di Kampus

Pendidik/Dosen itu harus kreatif. Kerapkali kita mendengar statement tersebut. Kemudian, persoalan muncul kenapa selaku praktisi pembelajaran kita wajib kreatif? Dalam tulisan ini paling tidak terdapat 2 alasan kenapa dosen dituntut wajib kreatif.

Lahirnya generasi‘ alpha. Generasi alpha selaku pembelajar di abad ke 21 semenjak lahir sudah tahu internet, mereka terpapar dengan teknologi dalam kesehariannya memakai smartphone selaku perlengkapan komunikasi.

Dengan adanya pendidikan yang menarik serta teknologi yang tumbuh pesat sangat memungkinkan mahasiswa akan termotivasi dalam mengikuti perkuliahan.

Dosen wajib kreatif sebab kita tidak dapat memprediksi perkembangan teknologi di masa depan. Perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti adanya platform video conference yang membolehkan penyampaian modul pada mahasiswa tanpa butuh tatap muka secara langsung.

Pendidikan ialah sebuah proses komunikasi dan interaksi antara mahasiswa dengan dosen serta sumber belajar dalam sesuatu lingkungan perkuliahan.

Pendidikan merupakan proses untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi belajar lebih dalam, proses memperoleh ilmu dan pengetahuan, keahlian, pembentukan sikap percaya diri pada mahasiswa.

Selama ini masih banyak kita jumpai bahwa proses Pendidikan yang terjadi di lapangan terutama didalam kelas lebih dominan dosen sebagai perantara atau fasilitator.

Padahal seharusnya yang menjadi objek belajar adalah mereka para mahasiswa. Sehingga jika dosen yang lebih dominan akan memungkinkan bagi mahasiswa akan terasa membosankan dan cenderung malas belajar/kuliah.

Maka di perkenankanlah memilih cara untuk menciptakan perkuliahan yang kreatif diruang kuliah agar kelak outputnya mempunyai kemampuan yang tinggi.

Sebagai seorang pendidik dosen senantiasa dianjurkan untuk menyajikan materi kuliah dengan cara  dan metode yang terupdate, karena peranan dosen sangatlah penting dalam meningkatkan motivasi belajar para mahasiswa.

Lalu Bagaimanakah Caranya untuk Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif di Ruang Kuliah?

Seperti yang sudah disampaikan di atas ada 4 cara menciptakan pembelajaran kreatif diruang kuliah antara lain:

  1. Mengaitkan Interaksi dengan Komunikasi 2 Arah.

Suasana belajar yang efisien ialah suasana dimana ada komunikasi yang berjalan dua arah yaitu antara mahasiswa dan dosen.

Kesuksesan pembelajaran tidak terlepas dari peran dosen sebagai fasilitator yang tentu mempunyai keahlian di bidang keilmuannya serta mempunyai daya kreatif tinggi untuk mencapai suatu tujuan perkuliahan.

  1. Inspirasi Materi Melalui Microblog.

Ini merupakan sebuah pembaruan pembelajaran kreatif yaitu dengan memanfaatkan teknologi sebagai media yang digunakannya.

Dengan menggunakan microblog dosen dapat merangkum perkuliahan dengan unik dan menarik karena ditambah dengan sentuhan visual dalam microblog.

  1. Membuat Materi Perkuliahan dalam Bentuk Video. 

Dalam dunia pendidikan belakangan saat pandemi covid-19 pembelajaran jarak jauh/daring menjadi solusi tepat agar proses belajar tetap berlangsung.

Pembelajaran jarak jauh/daring seperti ini dapat dikemas dalam bentuk video pula bagi yang tidak memiliki daya kuota internet yang cukup.

Nah jika materi kuliah dibuat video kemudian di share kepada setiap mahasiswa akan lebih efektif dan efisien, jadi dosen didalam kelas hanya sebagai fasilitator seutuhnya.

  1. Melakukan Penilaian Perkuliahan

Evaluasi adalah hal yang penting dalam segala hal, termasuk dalam proses perkuliahan.

Evaluasi akan mengetahui hasil dari proses perkuliahan sehingga apa yang kurang kedepannya ditambahkan dan yang sudah sempurna dipertahankan.

demikianlah Pentingnya Keterampilan Literasi, Numerasi, dan 4 Cara Menciptakan Perkuliahan Kreatif di Kampus. Semoga bermanfaat!

Reporter: EK | Photo: Juni Ahyar | Editor: JA


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.