Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd Praktisi dan Peneliti Pendidikan

EDUKASI – Supaya lebih siap dan mampu sukses menjadi dosen, maka kenali berbagai tantangan menjadi dosen tersebut sejak dini. Sehingga sudah memiliki persiapan mental untuk menghadapi dan menyelesaikan tantangan tersebut. Menjadi seorang dosen tidaklah mudah. Dosen yang baik dan patut dijadikan teladan haruslah memiliki keberanian dalam menghadapi setiap tantangan. Dengan demikian, akan ada perubahan yang lebih baik di dunia pendidikan ke depannya. Karena Mahasiswa era milenial cenderung memiliki pemikiran yang lebih kritis dan juga idealis, melalui karakter ini maka mengajar dengan sistem lama dirasa kurang tepat. Sistem lama dalam pembelajaran di perguruan tinggi ini adalah kondisi dimana seorang dosen mendominasi kegiatan belajar dan mahasiswa hanya memiliki peran yang sangat terbatas.

Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd Praktisi dan Peneliti Pendidikan mengungkapkan Beberapa Tips Agar Dosen Memiliki Keberanian dalam Menghadapi Setiap Tantangan

Pada dasarnya, ada beberapa tips yang bisa Anda simak dalam memajukan sektor pendidikan. Tips ini bisa mendorong jiwa keberanian Anda dalam menghadapi tantangan pendidikan. Sebagai seorang dosen, tentu Anda jangan lewatkan tips di bawah ini agar tidak ketinggalan zaman dan kesulitan melewati setiap tantangan.

1. Dosen Harus Melek Terhadap Teknologi

Perkembangan teknologi yang bergerak dengan cepat menuntut dosen untuk melek terhadap teknologi tersebut. Tidak hanya tahu perkembangan teknologi terkini namun juga mau belajar untuk bisa menggunakan atau memanfaatkannya, jika memungkinkan bisa diterapkan di kelas saat menyampaikan materi kuliah atau seminar.

Mempelajari hal baru terkait teknologi merupakan tantangan menjadi dosen di era sekarang. Maka penting sekali bagi setiap dosen untuk memupuk semangat terus belajar, dan menjadikan mahasiswa sebagai teman diskusi. Sebab tidak tertutup kemungkinan dari mahasiswa, seorang dosen bisa lebih melek terhadap teknologi.

2. Menguasai Teknologi

Setelah melek teknologi yang kedua adalah menguasai teknologi di era serba canggih seperti sekarang ini, penguasaan teknologi seakan sudah menjadi keharusan. Tak terkecuali bagi Anda dalam menghadapi setiap tantangan pendidikan. Pastikan Anda bisa menguasai teknologi dengan baik. Imbangi pula dengan pemanfaatan teknologi secara optimal guna memajukan lini pendidikan.

Penguasaan teknologi ini bisa diperlihatkan saat mengajar. Misalnya presentasi. Dengan memanfaatkan teknologi, maka Anda tak akan merasa tertinggal arus zaman. Hal ini bisa menjadi bekal yang baik dalam menghadapi tantangan pendidikan.

3. Memahami Setiap Tantangan Pendidikan

Tips kedua yang perlu Anda perhatikan yaitu ragam tantangannya. Pastikan Anda memahami betul apa saja tantangan pendidikan yang perlu dihadapi. Dengan begitu, Anda bisa lebih siap dalam menerima tantangannya.

Adapun tantangan pendidikan di era saat ini di antaranya yaitu pengembangan karakter, globalisasi, ragam bahasa dan budaya, peningkatan sikap profesional tenaga pendidik, jarak antar generasi, perkembangan teknologi, kemajuan ilmu pengetahuan, revolusi industri 4.0, generasi milenial, krisis moral, krisis identitas, hingga krisis sosial.

4. Senantiasa Berinovasi, Kreatif, dan Kritis

Setelah Anda memahami apa saja tantangan pendidikan yang harus dihadapi, maka bisa mulai mempersiapkan diri. Adapun caranya adalah dengan mengasah diri untuk selalu berinovasi menciptakan sesuatu hal yang baru.

Selain itu, pastikan juga kreatif dan inovatif karena dunia pendidikan sangat membutuhkan perubahan yang lebih baik. Sikap kritis juga perlu ditunjukkan dalam memecahkan setiap masalah yang dihadapi.

5. Harus Mempunyai Kompetensi dan Profesional

Tips lainnya yang perlu Anda cermati supaya memiliki keberanian dalam menghadapi setiap tantangan pendidikan yaitu kompetensi. Pastikan Anda memiliki kompetensi yang baik dan profesional sebagai tenaga pendidik. Kompetensi ini bisa terlihat saat melaksanakan tugas.

Dosen yang memiliki kompetensi baik tentu bisa menjalankan setiap tugasnya dengan keterampilan dan pengetahuan mumpuni. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan pun memberikan hasil berkualitas dan terbaik. Tak hanya itu, poin ini juga memungkinkan seorang dosen bisa bersaing secara ketat dalam setiap tantangan yang dilalui.

6. Jadilah Dosen Berkarakter

Untuk bisa menjadi dosen yang berkarakter, Anda perlu memperhatikan etika, sikap, dan tutur kata. Dosen yang berkarakter tentunya bisa melalui setiap tantangan dengan baik. Sebagai teladan, dosen yang berkarakter mampu menciptakan suasana kondusif dalam proses perkuliahan.

7. Menumbuhkan Learning Community

Metode pembelajaran yang efektif dan baik harus dikuasai oleh seorang dosen. Hal ini bisa menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri dalam menghadapi setiap tantangan pendidikan. Oleh karena itu, cobalah untuk menumbuhkan learning community.

8. Bertanggung Jawab dan Mandiri

Kepribadian penuh tanggung jawab dan mandiri harus tertanam dalam diri seorang dosen. Dengan demikian, tiap tantangan di dunia pendidikan bisa terlewati sebaik mungkin. Kepribadian ini juga bisa membawa sektor pendidikan ke masa depan yang lebih baik dan beradab.

9. Menjadi Dosen yang Menyenangkan 

Dosen masa sekarang akan lebih mudah menyampaikan materi ketika berhasil menjadi dosen yang menyenangkan dan bersahabat dengan para mahasiswanya. Apalagi mahasiswa zaman sekarang lebih nyaman dengan dosen yang membimbing dan memotivasi bukan yang menggurui.

Pahami tips-tips di atas agar memiliki keberanian dalam menghadapi setiap tantangan di dunia pendidikan. Anda pun bisa jadi dosen berkualitas dan teladan bagi mahasiswa.

Semoga bermanfaat…

Penulis : Juni Ahyar


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia