Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd. Dosen sekaligus Praktisi dan Pemerhati Pendidikan di sejumlah Kampus di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara

EDUKASI – Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan yang sekaligus membedakan manusia dengan makluk hidup lainnya. Karena pada dasarnya hewan juga “belajar” tetapi lebih ditentukan oleh instingnya, sedangkan manusia belajar berarti merupakan rangkaian kegiatan menuju pendewasaan guna menuju kehidupan yang lebih berarti. Peserta didik menerima Pendidikan dari orang tuanya, guru/dosen dan lingkungannya kalau mereka sudah dewasa dan bekeluarga mereka akan mendidik anak-anaknya, begitu juga disekolah, perguruan tinggi para siswa dan mahasiswa diajarkan oleh guru dan dosen. Landasan filsafat pendidikan berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan yang berusaha menelaah masalah pokok. Masalah pokok tersebut seperti apakah pendidikan itu, mengapa pendidikan itu diperlukan, apa yang seharusnya menjadi tujuannya dan lain sebagainya.

Filsafat pendidikan akan memberi perspektif filosofis terhadap calon guru atau pendidik yang menjadikannya kacamata dalam memandang, menyikapi serta menjalankan tugasnya. Oleh karena itu calon pendidik harus dibentuk bukan hanya dengan mempelajari tentang ilmu pendidikan namun juga perlu memiliki landasan filsafat, sejarah dan teori pendidikan.

Filsafat Pendidikan Menurut Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional meliputi kegiatan bimbingan, latihan dan pengajaran. Termasuk pula menyinggung tentang pengetahuan, keterampilan, nilai dan perasaan. Setidaknya di dalam undang-undang ini Anda pun akan mempelajari proses pendidikan yang meliputi dan mempelajari hubungan edukasi yang efektif antara pendidik/guru dan peserta didik.

Baca Juga : Beberapa Tips Belajar Mata Kuliah Yang Tidak Disukai Oleh Mahasiswa

 

Manfaat dan Pentingnya Pendidik Memahami Landasan Filsafat Pendidikan Pendidikan merupakan komponen yang sangat penting dalam hidup dan kehidupan setiap manusia. Pendidikan juga terus mengalami perkembangan seiring berkembangnya zaman, IPTEK dan IMTAQ.

Pemikiran yang membawa pembaharuan pendidikan tersebut disebut aliran-aliran pendidikan. Aliran pendidikan tersebut harus dipahami oleh calon pendidik agar mereka mampu menangkap makna gerak dinamika pemikiran dalam pendidikan itu sendiri.

Pemahaman tersebut akan membekali calon pendidik/guru dengan kemampuan memahami kaitan antara pengalaman masa lampau, tuntutan kebutuhan masa kini serta antisipasi atau perkiraan masa depan.

Oleh karena itu, fundamentalnya mempelajari dan memahami landasan filsafat pendidikan dengan berbagai macam aliran pendidikan di dalamnya baik klasik maupun modern yang dapat memberikan dasar pemikiran dalam pengambilan keputusan, bertindak dan mengevaluasi kegiatan pendidikan dengan tepat dan baik di Sekolah maupun madrasah.

Lalu apakah manfaat dan pentingnya memahami landasan filsafat ini bagi seorang pendidik?

Menciptakan Generasi Pendidik yang Berkualitas Pemahaman yang dimiliki pendidik mengenai pendidikan akan membuat kualitas dari para pendidik semakin baik. Akibatnya generasi peserta didik yang dihasilkan juga semakin berkualitas. Jadi secara harfiah jika ingin meningkatkan kualitas pendidikan dan tenaga pendidik maka setiap pendidik haruslah mempelajari dan memahami filsafat pendidikan.

Membuat Pendidik Memahami Apa yang Sebenarnya Harus Diketahui Dengan memahami dan mempelajari filsafat pendidikan maka akan membuat para pendidik memahami tentang apa saja hal yang harus mereka ketahui pada bidang pendidikannya masing-masing. Dengan ini pun mereka pastinya akan menjadi tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas untuk mendidik peserta didik.

Dasar Pelaksanaan Tugas dan Pengambilan Keputusan Dalam setiap perbuatan pelaksanaan tugas-tugas keguruan serta serta semua keputusan perbuatan pendidik/guru harus berlandaskan pendidikan. Apalagi dalam pendidikan sejak dini/Sekolah Dasar yang dapat dikatakan sebagai pendidikan pertama kali yang sesungguhnya. Karena itu penting bagi pendidik dari dasar untuk memahami dan mengerti tentang landasan filsafat pendidikan.

Memberikan Pemahaman Pendidikan Usia Sekolah Dasar tentunya belum memahami betul tentang pentingnya pendidikan, karena itu dengan filsafat pendidikan untuk dapat memberikan pemahaman tentang pendidikan seperti apa pentingnya dan apa manfaatnya untuk mereka. Dengan ini maka secara tak langsung akan menambah motivasi belajar anak/peserta didik.

Memudahkan Menentukan Kurikulum dan Materi yang Akan Diberikan Sama seperti jenjang pendidikan yang lebih tinggi (perguruan tinggi), Sekolah Dasar juga memerlukan kurikulum dan materi apa saja yang akan diberikan kepada murid-murid sesuai dengan tingkatan usianya.

Hal ini tentu saja bukanlah hal yang mudah. Namun dengan adanya filsafat pendidikan maka pendidik akan lebih mudah mendapat kurikulum dan materi apa saja yang akan diberikan kepada peserta didiknya.

Membuat Pendidik Mampu Memberikan Materi Pendidikan Lebih Baik Lagi Pendidik tetunya harus selalu menambah dan mengupgrade referensinya supaya Memahami landasan filsafat pendidikan juga akan membuat pendidik memahami cara memberikan materi dengan baik. Apalagi anak usia dini memang pastinya sedikit lebih sulit menerima materi pendidikan yang sulit dan tidak pernah mereka ketahui sebelumnya.

Penulis : Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd. Dosen sekaligus Praktisi dan Pemerhati Pendidikan di sejumlah Kampus di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia