Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd. Praktisi dan Peneliti Pendidikan.

Dunia Pendidikan – Sebagai kaum intelektual yang kerap di diidentikkan sebagai Agent of Change (agen perubahan), mahasiswa juga memiliki rasa bosan atau tidak menyukai salah satu mata kuliah dikampusnya.Tentunya dengan alasan yang beragam, diantaranya dilatar belakangi oleh sikap mahasiswa itu sendiri atas ketidak sukaannya terhadap mata kuliah tertentu. Mulai dari sulit dimengerti, terkesan membosankan untuk dipelajari, atau bahkan hanya karena kurang suka dengan cara mengajar dosennya.

Hal tersebut terbilang wajar. Namun, jika ingin lulus dari kampus dengan nilai dan prestasi yang baik, maka masalah ini pun harus dicari solusinya. Jangan sampai ada mata kuliah yang sebenarnya bisa dipelajari dengan baik, namun hanya karena tidak disukai menjadi penghalang kesuksesan mahasiswa di kampus, karena biasanya dosen akan menilai secara objektif.

Lalu bagaimana tips jitu mempelajari mata kuliah yang tidak disukai di kampus?

Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd Selaku Praktisi dan Peniliti Pendidikan. memaparkan beberapa Tips berikut ini langkah sukses untuk mengatasi kendala tersebut.

1. Coba Berbagai Macam Metode Belajar, Mencoba berbagai macam variasi metode belajar dan temukan tipe belajar yang paling cocok. Misalnya hari ini menggunakan E-lerning, flash card, kemudian besok dengan video belajar, lalu coba mencatat. Selain itu, mengubah lokasi belajar pun dapat berpengaruh. Pasalnya, suasana baru akan memunculkan ide dan semangat baru. Cari lokasi yang kondusif untuk belajar, misalnya taman, museum, perpustakaan dan sebagainya.

2. Mencari Celah Mata Kuliah Yang Sulit Dimengerti, Kamu perlu mencari pola belajar atau mengerjakan soal dengan cara yang mudah kamu pahami. Setelah menemukan celahnya, pasti ke depannya akan terasa lebih ringan dan mudah.

3. Batasi Sesi Anda (Limit Your Sessions), Ketika kamu merasa tidak suka dengan salah satu mata kuliah tertentu. Jangan terlalu memaksakan diri agar segera menyukainya. Semua harus dilakukan perlahan, melalui berbagai proses jatuh dan bangun. Dalam setiap sesi belajar, lakukan sepanjang 30 menit, lalu beri jeda, dan lanjutkan lagi 30 menit, begitu seterusnya. Jadi, tidak dipaksakan langsung 2 jam setiap sesinya.

4. Nikmati Setiap Prosesnya, Meski tidak menyukai, sebagai Mahasiswa kita harus tetap mempelajari dan memahami mata kuliah tersebut, tentu yang tidak disukai jelas kurang menyenangkan. Kamu berada dalam situasi tidak nyaman. Tapi, situasi seperti ini jugalah yang akan membawamu menjadi sosok yang lebih baik. Maka, jangan terlalu fokus hasil akhirnya akan seperti apa. Bahkan, tidak perlu terjebak/stuck terlalu lama jika memang belum ada kemajuan. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mendapatkan ilmu dan tuntaskan kuliah mu sampai selesai.

5. Terimalah Emosi Negatif, Maksud dari Emosi Negatif adalah mencoba menerima dan menjalani masa-masa sulit ini. Ingat, tidak usah memaksakan diri untuk segera keluar dari emosi negatif. Semakin dipaksa, maka akan semakin sulit juga ada kemajuan. Rasakan dan nikmati setiap kesulitan yang kamu hadapi. Karena ada pepatah mengatakan “setelah kesulitan pasti ada kemudahan” raihlah kemudahan tersebut.

6. Moments of Yourself, Pejamkan matamu, tarik nafas yang dalam dengan teratur, lalu coba renungkan apa saja yang sudah dilakukan. Ingatlah kata-kata motivasi yang membangkitkan semangatmu. Lakukan tahap ini ketika kamu sedang stuck. Kamu akan merasa tenang setelahnya. Agar proses berjalan lancar, harus selalu memulai belajar dengan pola pikir positif. Jika dari awal sudah terbentuk pikiran negatif, maka kalian akan semakin malas mulai menyukai mata kuliah tersebut.

7. Perlu Melakukan Rilexasi, Coba Mendengarkan Qori Mengaji/Salawatan/Musik
Luangkan Waktu istirahat untuk menenangkan batin dengan mendengar qori mengaji dengan suara merdu atau selawat bagi kamu yang muslim atau musik yang membangun mood untuk belajar. Kemudian, bangkit dari duduk mu, dan berjalanlah ke sekeliling ruangan. Keluar sejenak dan hiruplah udara segar. Cara ini akan merilekskan pikiranmu dan mengurangi emosi yang mengganggumu.

8. Mengelus Binatang Jinak, Mempelajari materi yang tidak disukai bisa memicu stres. Jika stres, maka otak pun tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Lalu, apa hubungannya dengan mengelus binatang?

Penelitian ini berasal dari hasil program membaca cepat yang diadakan sebuah perpustakaan di Ontario, Kanada. Mahasiswa yang ditemani kucing/binatang jinak lainnya, terbukti lebih lancar membaca. Selain itu, hal ini juga dipraktikkan oleh sejumlah mahasiswa Hukum di GMV Law School, Virginia, Amerika Serikat.

9. Belajar Bersama Ahlinya, belajar bersama Tutor Privat (Pembimbing).
Jika tidak menyukai suatu mata kuliah karena konsepnya, mungkin yang dibutuhkan adalah seorang tutor seperti guru/dosen privat (pembimbing). Umumnya, guru/dosen privat selalu punya cara beda dari yang diajarkan di kampus dan lebih mudah dipahami. Selain itu, guru/dosen privat hanya akan terfokus padamu untuk membimbing mu dari kebingungan sampai mengerti. Mengajar di kampus dengan jumlah mahasiswa yang ramai tentu berbeda dengan mengajar dirimu secara individu.

Silahkan Mencoba beberapa tips di atas, semoga berhasil dan bermanfaat.

Penulis : Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd. merupakan Seorang Dosen Mata Kuliah Bahasa Indonesia dibeberapa Kampus ternama di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, selain Praktisi juga Peneliti Pendidikan.


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.