Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Photo Dayah Babul ‘Ilmi Syafi’iyah Terbakar , Kamis Malam (21/7/2022)

PIDIE JAYA – Dayah Babul ‘Ilmi Syafi’iyah Kiran di lahap sijago merah. Kebakaran yang terjadi pada pukul 10.15 WIB menghanguskan 4 bilik santri,1 ruang belajar dan koridor beserta sejumlah Kitab Pengajian dan peralatan santri, Desa Kiran Dayah, Kecamatan Jangka Buya, Kabupaten Pidie Jaya, Kamis malam (21/07/2022)

Kebakaran yang terjadi satu jam tersebut akhirnya berhasil dipadamkan oleh satuan Tim pemadam Kebakaran dari kabupaten Pidie Jaya pada pukul 12.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari santri di bawah Dayah Pimpinan nya , Tgk.H. Muniruddin atau Waled Munir selaku pimpinan Dayah memaparkan, kejadian diduga akibat terjadinya korsleting arus listrik.

“Kemungkinan korslet dibagian Instalasi sehingga mengeluarkan percikan api dan membakar plafon yang dipasang dari triplex”, tutur Waled Munir kepada medialiterasi.id

Sewaktu terjadinya kebakaran, Waled Munir mengaku dirinya sedang berada di Banda Aceh dan berselang beberapa jam kemudian, tepatnya pada 2.30 WIB Waled Munir langsung pulang dari Banda Aceh untuk memastikan kondisi Dayah dan menyampaikan arahan kepada seluruh santri untuk meminimalisir kepanikan pasca kebakaran.

Dalam kejadian musibah tersebut, empat bilik santri, satu ruang belajar dan satu koridor beserta loteng dan atap di lantai 2 di Dayah Babul ‘Ilmiah juga menjadi amukan si jago merah hingga termasuk diantaranya kitab pengajian, baju, perbekalan lainnya termasuk ranjang tidur para santri dan terjadi keretakan pada dinding dan keramik lantai.

Waled Munir menaksir, kerugian atau membutuhkan biaya rehab yang disebabkan oleh kebakaran itu diperkirakan sebesar 250 Juta Rupiah.

Lebih lanjut Waled Munir mengaku Pemerintahan Kabupaten Pidie Jaya sudah memberikan bantuan seperti air mineral, beras, pakaian, kain sarung, makan ringan dan sejumlah bantuan lainnya pasca tanggap darurat.

Sedangkan para santri yang bilik nya terbakar, untuk sementara waktu dipindahkan ke bilik lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, waled Munir juga menyampaikan, beberapa kebutuhan untuk para santri yang terdampak akibat kebakaran meski tidak merincikan jumlahnya

“Untuk saat ini para santri sangat membutuhkan Pakaian, Kitab Pengajian, Ranjang, dan Kasur, bagi yang ingin berdonasi para donatur bisa membantu langsung mendatangi Dayah Babul Ilmi Kiran atau bisa juga melalui no rekening 082 01.07.580058.1  Bank Aceh atas nama Dayah Babul Ilmi Kiran “, pungkas Waled Munir.

Reporter : EK | Photo : Ist | Editor : Endang


editor

Medialiterasi.id Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia. Melihat Fakta dengan Cara Berbeda Aktual dan Terdepan dalam Menyajikan Beragam Peristiwa di Seluruh Pelosok Nusantara.