Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Para siswa SMPIT As Salam Fakfak, Papua Barat, peserta program GSMB Nasional Tahun 2021 (Dok.Nyalanesia)

INDONESIA – Nyalanesia kembali meluncurkan program Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional). Program ini selama 6 tahun telah berhasil membantu ribuan sekolah untuk berkarya dan menerbitkan buku bersama. Pada tahun 2021 saja, program ini mampu mengajak lebih dari 54.000 pendidik dan peserta didik dari 861 sekolah di seluruh Indonesia untuk mengembangkan kompetensi, menulis karya, dan menerbitkan buku antologi bersama.

Nyalanesia adalah startup pengembang program literasi sekolah terpadu yang memfasilitasi siswa dan guru agar dapat menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi. Dengan dukungan teknologi terintegrasi, penyelenggaraan beragam event literasi dan pengembangan komunitas berbasis sharing economy, Nyalanesia hadir dengan napas socioedupreneur untuk menciptakan ekosistem literasi terbesar di Indonesia.

Nyalanesia adalah inisiator dan pengembang program Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional sejak tahun 2016, dan telah berhasil membantu ribuan sekolah untuk mengembangkan program Gerakan Literasi Sekolahnya.

“Dengan kesuksesan program GSMB Nasional ini, tahun 2021 lalu Nyalanesia kembali berhasil memecahkan rekor MURI yaitu kategori ‘Peluncuran Buku Fiksi dan Nonfiksi Terbanyak’ dengan total 4.216 buku,” ujar Lenang Manggala, selaku Founder Nyalanesia.

GSMB Nasional dipersembahkan bagi sekolah di seluruh Indonesia guna menjadi solusi sekaligus wahana untuk mengakselerasi kualitas budaya literasi dan mutu pendidikan secara lebih efektif, efisien, dan penuh suka cita.

Program yang diselenggarakan secara nasional ini telah berhasil memfasilitasi lebih dari 2.500 sekolah dari 34 provinsi, dan berhasil membuat lebih dari 300.000 pelajar dan pendidik indonesia dapat menerbitkan lebih dari 4.200 judul buku. Dengan menjadi peserta program GSMB Nasional, siswa, guru, kepala sekolah, dan sekolah akan mendapatkan berbagai fasilitas, di antaranya penerbitan buku sekolah secara nasional, puluhan workshop digital bersertifikat, piagam dan sertifikat kepenulisan, pembuatan dan pengelolaan website literasi bagi sekolah, plakat Sekolah Aktif Literasi Nasional, Konsultasi Pengembangan Program Literasi Sekolah dan berbagai fasilitas lainnya.

Khabib Bima Setiyawan selaku Chief Program Officer Nyalanesia, menyampaikan bahwa selain berbagai fasilitas lengkap bagi peserta, program ini juga menyiapkan berbagai penghargaan bagi siswa, guru, dan kepala sekolah/sekolah.

’’Sebagai apresiasi dan penanaman semangat berkompetisi, kami juga menyiapkan penghargaan bagi siswa dan guru yang ikut berkarya, serta bagi sekolah yang berpartisipasi, dengan total hadiah senilai ratusan juta rupiah. Penyerahan penghargaan dan hadiah akan diselenggarakan pada puncak acara di Festival Literasi Nasional tahun 2023,’’ terang Khabib.

Kesuksesan Nyalanesia dalam menyelenggarakan program GSMB Nasional ini, tak lepas dari peran penting SPL Nasional yang tersebar di berbagai daerah. Melalui program SPL Nasional, Nyalanesia akan memilih 100 pegiat literasi untuk dilatih dan dikembangkan hingga mampu secara profesional mensosialisasikan program-program literasi Nyalanesia sekaligus membangun kolaborasi dengan ribuan sekolah di Indonesia. Program literasi yang akan dikampanyekan oleh 100 SPL Nasional adalah program GSMB Nasional yang kini telah memasuki tahun ke-7 penyelenggaraan.

Nyalanesia sebagai penyelenggara program SPL Nasional 2022 memberikan apresiasi kepada seluruh pendaftar program SPL Nasional 2022 atas partisipasi, dukungan, dan semangatnya dalam mengikuti fase seleksi administrasi Formulir Pendaftaran SPL Nasional. Total sejumlah 3.538 pendidik dan pegiat literasi ikut berpartisipasi dalam pendaftaran SPL Nasional 2022, dan menunjukkan niat baiknya untuk ikut dalam memajukan pendidikan dan literasi di Indonesia.

“Tim Nyalanesia sebagai penyelenggara program SPL Nasional 2022 mengucapkan terima kasih kepada ribuan pendaftar yang begitu antusias mengikuti hingga seleksi Tahap I ini”, ujar Arifin Nurdin, selaku Ketua SPL Nasional 2022.

Lebih lanjut Ketua SPL Nasional 2022 memaparkan hasil seleksi kandidat yang lulus di tahap l  ini yaitu sejumlah 1.500 dari 3.538 pendaftar.

“Dalam kesempatan yang baik ini, setelah melewati tahap seleksi, maka kami mengumumkan 1.500 Kandidat SPL Nasional Terpilih yang lolos ke tahap selanjutnya”, pungkas Arifin Nurdin.

Reporter : Ek | Photo : Nyalanesia | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia