Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

LHOKSEUMAWE – Tiga Puluh Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) mengikuti bimtek Program Pengembangan Keprofesian berkelanjutan (PPKB) tingkat Provinsi Aceh yang dimulai 28 Juni – 01 Juli 2022 di hotel Diana, Lhokseumawe (02/Juli/2022)

Bimtek dibuka langsung secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Aceh Dr. H. Iqbal, S.Ag pada 28 Juni itu disambut antusias oleh seluruh GPAI SE Aceh.

Bimtek yang dimaterikan oleh 4 narasumber lokal yang berasal dari lulusan ToT PPKB Nasional bulan Desember 2021 yang lalu di Bandung itu diantaranya, Muhammad Yani, S.Pd.I, M.Pd. dari Aceh Besar memaparkan materi “Pendalaman Materi PAI dan Moderasi Beragama”, selanjutnya Ummi Kalsum Khairani, S.Ag, MA dari Aceh Tamiang yang memaparkan materi “Publikasi Ilmiah”, kemudian Zuraidah, S.Ag, MA dari Aceh Tamiang dan Susanna, S.Ag, S.Pd.I, MA dari Nagan Raya, dengan paparan judul “Karya Inovatif”. Keempat narasumber mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu sebagai pelatih PPKB Provinsi Aceh pada Bimtek ini.

“Selama kegiatan berlangsung, dari tanggal 28 Juni – 01 Juli 2022 yang dimulai dari pukul 08.00 – 23.00 WIB, peserta sangat antusias dan tidak ada yang meninggalkan forum, hal ini tentu sangat membahagiakan kami. Antusias keilmuan ini menunjukkan bahwa teman – teman peserta menghargai forum Bimtek PPKB GPAI Tingkat Provinsi Aceh”, ungkap Ummi Kalsum Khairani, S.Ag, MA selaku salah satu narasumber.

Bimtek PPKB GPAI, bukanlah program baru di Kanwil Kemenang Aceh, program ini telah berjalan sejak tahun 2018.

Abdul Hadi salah satu Guru PAI yang mengikuti Bintek mengakui dirinya mendapat pemahaman mendalam, khususnya pada materi “Moderasi Beragama”. Menurut dirinya hal itu selaras dengan tema kegiatan “PPKB PAI Menuju Guru PAI yang Moderat dan Inovatif”.

“Bimtek kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya, menurutnya bimtek kali ini fokus pada bidang Profesional, sedangkan sebelumnya lebih fokus terhadap materi Pedagogik.

Hal senada juga disampaikan oleh Kirmiati, mengatakan juga mendapatkan banyak ilmu dalam memahami konsep dasar penulisan karya ilmiah serta tatacara mempublikasikannya.

“Khususnya materi membuat modul ajar yang benar sehingga bisa mendapatkan perolehan angka kredit guru”, papar Kirmiati.

Keseruan Bimtek PPKB GPAI tingkat Provinsi tahun 2022 sangat terlihat pada pelaksanaan diskusi kelompok dan melaksanakan tugas dalam bentuk lembar kerja kemudian mempresentasikan tugas masing kelompok.

Bukan hanya mempresentasikan hasil diskusi, tapi juga siap menerima masukan dari kelompok lainnya, sehingga peserta bisa langsung merevisi hasil kerja sama kelompok untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Tentunya peserta memerlukan kesiapan fisik dan mental untuk mengikuti Bimtek, meski pada kegiatan ini Peserta telah diberikan bekal dasar pengetahuan dan ketrampilan sibidang publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Taharuddin, MA sebagai Sub Koordinator PAI pada Sekolah Menengah Atas Sederajat berharap peserta dapat mengembangkan pengetahuan setelah mengikuti Bimtek.

“Semoga para peserta Bimtek dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah diberikan dengan tujuan untuk memunculkan motivasi berkarya dalam bentuk tulisan maupun inovasi lain, dalam rangka meningkatkan kualitas guru PAI yang Moderat dan Inovatif”, pungkas Dr. Taharuddin

Reporter : Ek | Photo : | M. Rafli Althoriq Mustafa | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia