Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Photo : Google Cuaca Ekstrim

ACEH UTARA – Seiring Angin Kencang yang memporak porandakan beberapa tempat di Aceh pada 19 Mei 2022. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh memberi himbauan untuk mewaspadai angin kencang di Aceh Utara dan sekitarnya, Senin (30/5/2022)

Stasiun Meteorologi Bandara Malikussaleh Aceh Utara mencatat kecepatan angin pada hari Minggu 29 Mei 2022 mencapai 11 – 15 Knot atau setara dengan 20 – 30 Km / jam.

Siswanto Fauzi Kepala BMKG Bandara Malikussaleh menuturkan, adanya peningkatan kecepatan angin di sebagian besar wilayah Provinsi Aceh termasuk Aceh Utara.

“Berdasarkan analisis data pengamatan di stasiun Meteorologi dalam sepekan terakhir mengalami peningkatan kecepatan angin, bahkan stasiun Meteorologi Iskandar Muda Aceh mencatat kecepatan angin mencapai 30 – 40 Knot atau 35 – 75 Km/jam” papar Fauzi.

BMKG Bandara Malikussaleh memperkrakan kecepatan angin diwilayah Aceh Utara dan sekitarnya akan mencapai 20 – 25 Knot yang berpotensi terjadi pada siang menjelang sore hari.

Potensi terjadinya peningkatan Ketinggian gelombang berkategori sedang dari 1.25 – 2.5 Meter. Sedangkan kategori tinggi mencapai 2.5 – 4.0 Meter yang diperkirakan akan terjadi hingga 3 Mei 2022 mendatang untuk perairan Aceh Utara dan perairan Selat Malaka Bagian Utara.

Fauzi mengatakan, Tingginya kecepatan angin akan mengakibatkan tingginya gelombang di seluruh wilayah perairan Aceh yang tentunya akan berdampak terhadap aktivitas para nelayan.

BMKG Aceh Utara menghimbau kepada seluruh Masyarakat dan seluruh stake holder seperti Airnav, Maskapai Penerbangan, Para Nelayan, Masyarakat Pesisir Pantai dan pengelola Wisata Air agar terus meningkatkan kewaspadaan terhadap perubahan cuaca.

Menurut Siswanto Fauzi, kewaspadaan masyarakat terhadap cuaca ekstrim salah satunya dapat dilakukan dengan memonitor info perkembangan cuaca di laman web www.bmkg.go.id atau dari aplikasi info.bmkg dan akun media sosial Instagram bmkg_acehutara. Selain itu Masyarakat dapat mengakses aplikasi Multi Hazard Early Warning System (MHEWS). Pungkas Fauzi.

Reporter : Ek | Photo: Ilustrasi Goole | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia