Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd

Dosen punya peran yang sangat penting di dalam dunia pendidikan. Seorang dosen bukan hanya dituntut mempunyai kemampuan untuk mentransformasikan Pendidikan/pengetahuan, pengalaman, serta memberi teladan. Lantas, bagaimana kunci menjadi dosen yang inspiratif bagi mahasiswa sebagai peserta didik selama proses kegiatan perkuliahan tersebut berlangsung?

Dosen inspiratif sendiri merupakan sosok dosen yang terbuka dan juga membuka wawasan untuk mahasiswanya maupun dirinya sendiri. Membuka wawasan untuk dirinya sendiri yaitu dosen yang terbuka dengan berbagai pemikiran baru serta cara-cara di dalam mensukseskan tugasnya di dalam mengajar.

Supaya peserta didiknya termotivasi dalam kegiatan pembelajaran serta dengan apa yang menjadi target mahasiswa pada semasa belajar. Menurut buku ‘Aplikasi Ilmu Psikologi Positif’ sosok pendidik inspiratif merupakan dosen yang bisa merangsang mental terhadap mahasiswa didiknya, dengan harapan akan mengembangkan emosi positif mereka.
Dosen yang punya kemampuan untuk menginspirasi mahasiswa sebagai peserta didiknya merupakan salah satu tipe dosen yang bakal senantiasa diingat oleh mahasiswanya. Para dosen bisa melakukan beberapa hal berikut ini supaya bisa menjadi tenaga pengajar yang menginspirasi.

1. Memperhatikan Minat Mahasiswa
Sebagai seorang tenaga pengajar, tentunya Anda ingin melihat mahasiswa/i Anda bersemangat di dalam proses kegiatan perkuliahan. Oleh sebab itu, kunci menjadi dosen yang inspiratif pertama yaitu seorang tenaga pendidik harus memperhatikan minat dari mahasiswanya. Tujuannya adalah supaya mahasiswa tersebut merasa bahwa dosen memperhatikan hal apa yang menjadi kesenangan sang mahasiswa.

2. Mendengarkan Mahasiswa
Masing-masing mahasiswa tentunya ingin dosen mendengarkannya pada saat kegiatan perkuliahan khususnya tanya jawab. Baik ketika mahasiswa tersebut bertanya atau pada saat mahasiswa memberikan pendapatnya. Nah, dengan seorang dosen mendengarkan sang mahasiswa, maka hal tersebut bisa membawa dampak positif terhadap peserta didik serta mahasiswa akan merasa dosen di kampus menghargai mereka.

3. Mampu Menciptakan Suasana Belajar di Ruang Kuliah yang Menyenangkan
Para mahasiswa tentunya lebih gampang merasa jenuh atau bosan apabila suasana di kelas terlalu monoton atau serius. Sebagai sosok dosen inspiratif, maka Anda wajib menciptakan suasana belajar di ruang kuliah supaya menyenangkan.
Hal tersebut bisa dosen lakukan dengan cara mengadakan sebuah games/motivasi sebelum mengajar dengan materi kuliah di kampus, mengadakan tanya-jawab di sela-sela mengajar, dan sebagainya. Dengan demikian, mahasiswa akan merasa senang dalam menerima materi kuliah dengan dosen serta bakal lebih bersemangat untuk belajar.

4. Menghargai Usaha yang Sudah Dilakukan Mahasiswa
Terkadang banyak dosen memberikan tugas secara bersamaan sehingga banyak mahasiswa yang merasa kesulitan di dalam mengerjakan pekerjaan kampusnya. Oleh sebab itu, kunci menjadi dosen yang inspiratif selanjutnya yaitu bisa menghargai setiap usaha yang dilakukan oleh sang mahasiswa dan mengapresiasi setiap progres yang ada pada setiap mahasiswanya.

5. Punya Perilaku yang Positif
Energi positif dari seorang dosen merupakan perkara penting ketika proses pembelajaran di ruang kuliah. Sebab, dengan sang dosen mampu membawakan energi-energi positif, maka suasana di ruang kuliah serta mahasiswa pun bakal menyerap energi positif tersebut. Sehingga mereka akan bertindak secara positif juga.

6. Ciptakan Kehangatan & Empati Tulus Terhadap Seluruh Mahasiswa di Ruang Kuliah
Sosok dosen inspiratif mampu menciptakan kehangatan dan empati, seperti memahami dan mengenali berbagai rasa dari semua mahasiswa di ruang kuliah. Dengan memposisikan diri sebagai mahasiswa, akan tercipta rasa ketulusan yang ada dari seorang dosen. Hal tersebut bisa memberi dampak positif baik untuk mahasiswa maupun dosen.

7. Terapkan Instruksi yang Jelas dan Sampaikan Pertanyaan Umpan Balik
Dalam proses perkuliahan, terdapat instruksi yang jelas dari sang dosen. Baik dalam hal pemberian tugas serta di dalam menyampaikan materi. Hal itu akan berdampak terhadap mahasiswa. Sebab, dengan adanya instruksi yang baik dan jelas, mahasiswa akan lebih mudah mengerti serta memahami apa yang dosen sampaikan.

Guna menciptakan suasana belajar di ruang kuliah menjadi menyenangkan, kunci menjadi dosen yang inspiratif selanjutnya yaitu tenaga pengajar harus mempersiapkan pertanyaan umpan balik. Tujuannya yaitu supaya mahasiswa bisa menjadi terampil dan juga membuat suasana belajar jadi lebih interaktif serta memperluas materi kuliah di ruang kuliah.

Penulis : Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd

Share:

editor

Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia