Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Photo : Semur Jengkol Disabal Balado

Jengkol merupakah salah satu tumbuhan khas di Indonesia, selain memiliki bau pesing yang khas, jengkol merupakan salah satu lauk yang sedap dan menggugan selera makan apabila mampu diracik dengan aneka ragam bumbu kuliner Nusantara. Tak hanya di Indonesia, Jengkol yang memiliki nama latin archindrendron fauciflorum juga menjadi makan popular di Asia Tenggara seperti

Salah satu yang terkenal di Indonesia adalah semur jengkol rendang, apalagi jenkol nya direbus dengan empuk sehingga akan memberikan rasa yang dapat membuat lidah bergoyang. Meski demikian, selain bisa menjadi makanan lezat, jengkol juga akan menjadi makanan berbahaya jika dikonsumsi berlebihan maka akan mengakibatkan nyeri perut, disuria atau ayang – ayangan, oliguria (ketika urine yang keluar saat buang air kecil berjumlah sedikit), hematuria atau kencing berdarah, dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Jengkol juga memiliki serangkaian kandungan gizi, umumnya dalam 100 gram (g) jengkol adalah sebagai berikut: Air: 52.7 g, Energi: 192 Kalori (Kal), Protein : 5.4 g, Lemak : 0.3 g, Karbohidrat (CHO): 40.7 g, Serat 1.5 g, Abu (ASH): 0.9 g, Kalsium (Ca): 4 miligram (mg), Fosfor (P): 150 mg, Besi (Fe): 0.7 mg, Natrium (Na): 60 mg, Kalium (K): 241.0 mg, Tembaga (Cu): 0.30 mg, Seng (Zn): 0.6 mg, Thiamin (Vit. B1): 0.05 mg, Ribofalin ( Vit B2) : 0.20 mg, Niasin: 0.5 mg, Vitamin C: 31 mg.

selain itu Jengkol juga memiliki efek samping yang tidak berbahaya namun akan membuat orang- orang disekitar terganggu dikarenakan kandungan sulfur senyawa dari dua asam amino sistein yang dimiliki jengkol mengakibatkan mengeluarkan aroma pesing yang tidak sedap baik di urin maupun disaat buang angin.

Walau dianggap bau, semur jengkol tetap punya penggemar fanatiknya sendiri, apalagi kalau jegkolnya legit dan empuk, dijamin jadi nikmat banget. Nah… untuk membuat semur jengkol yang enak dan bikin ketagihan, Yukks simak beberapa Tips dibawah ini..

Pilih Jengkol Yang Bagus, memilih jengkol yang bagus kualitasnya merupakan hal utama sedangkan pemilihan jengkol yang sudah tua untuk sebagian orang tidak menjadi syarat utama, dikarenakan perbedaan selera, banyak juga yang menyukai jengkol muda untuk dijadika lalapan.

Buka Kulit Luar Jengkol, membuka kulit luar jengkol sebelum dimasukkan tungku untuk direbus agar jengkolnya cepat empuk, kemudian pisahkan kulit ari yang melekat dengan danging jengkol agar ketika dimakan tidak terasa kelat.

Rebus Jengkol Agak Lama, Setelah dicuci bersih, jengkol harus kita rebus hingga air mendidih, kemudia untuk menghemat Gas, Moms bisa mematikan gas untuk sementara waktu berkisar 30 menit dengan mebiarkan jengkol empuk dengan sendirinya didalam tungku.

Geprek Jengkol, Setelah direbus, jengkol bisa kita kupas kulitnya dan geprek satu persatu. Menggeprek jengkol bisa dilakukan diatas cobek. Geprek secukupnya sampai jengkol agak memar dan merekah agar jengkol dapat menyerap bumbu dengan merata.

Gunakan Rempah Sesuai Selera, Setelah digeprek, jengkol kemudian diracik dengan bumbu masing – masing kesukaan dan jangan lupa tambahkan air sebagai kuah secukupnya dan bisa ditambahakan lagi sesuai selera masing – masing, baru di masak kembali hingga bumbunya sudah mengeluarkan aroma yang sedap.

Nah, itu lah tips memasak jengkol, selamat mencoba.

Sumber : Dirangkum dari berbagai sumber | Photo : Google | Editor : Endang


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia