Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.
Photo: Ilustrasi Google

MEDIALITERASI – Menjadi Mahasiswa adalah impian bagi Siswa yang telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat. Meski baru memasuki awal semester dua, tidak salahnya untuk mengetahui jurusan apa saja paling diminati dan termahal di Indonesia.

Tingginya biaya pendidikan di perguruan tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti Biaya Kuliah Semester, Biaya Pembangunan, Biaya Praktikum, dan biaya tambahan lainnya. Masing-masing perguruan tinggi memiliki tingkatan yang berbeda, besarnya kebutuhan biaya operasional untuk menunjang proses perkuliahan berdampak pada tingginya biaya yang ditetapkan.

Tidak jadi Kuliah, karena kondisi perekonomian yang tidak menentu, bukan alasan yang tepat untuk tidak melanjutkan perkuliahan. Di mana ada kemauan pasti ada jalan. Dilema antara mampu secara Finansial dan Kemauan seharusnya memang berbarengan, namun terkadang kenyataan tidak seindah harapan.

Mumpung waktu penerimaan Mahasiswa baru masih lama. Yuks, kita intip jurusan apa saja yang menduduki 5 jurusan ter mahal di Indonesia menurut detikedu 20 Desember 2021.

1. Kedokteran

Jurusan kedokteran menempati posisi pertama sebagai jurusan dengan biaya termahal di Indonesia. Di berbagai PTN, untuk masuk jurusan ini saja memakan biaya mulai dari puluhan hingga ratusan juta. Di Universitas Airlangga (Unair) misalnya, uang kuliah awal biasanya untuk mahasiswa jalur mandiri yang harus dibayar untuk jurusan kedokteran minimal sekitar 99 juta rupiah.

Setiap semester, mahasiswa kedokteran harus membayar biaya semester atau UKT rata-rata 10 juta hingga 20 puluh juta rupiah, berdasarkan penelusuran detikedu dari berbagai PTN di Indonesia. Selain itu, untuk biaya sekali praktik mahasiswa kedokteran harus membayar hingga jutaan rupiah.

2. Teknik

Jurusan teknik juga mengisi deretan jurusan dengan biaya termahal. Termasuk jurusan arsitektur yang biasanya masuk dalam Fakultas Teknik. Besaran biaya juga tergantung pada jalur masuk yang dilalui mahasiswa. Mahasiswa jalur mandiri akan menghabiskan biaya lebih besar daripada jalur SNMPTN atau UTBK-SBMPTN.

Di beberapa PTN, khususnya PTN Badan Hukum (PTN-BH), mahasiswa jalur mandiri juga diharuskan untuk membayar uang kuliah awal atau biaya sumbangan di luar biaya semesteran. Selain itu, biaya praktik di jurusan teknik juga dikenal mahal. Peralatan yang digunakan saja terbilang mahal.

Mahasiswa teknik bisa menghabiskan biaya ratusan juta selama kuliah. Meski demikian, prospek kerja lulusan jurusan teknik juga menjanjikan.

3.Penerbangan

Jurusan penerbangan juga menjadi jurusan dengan biaya mahal. Sama seperti dua jurusan sebelumnya, mahasiswa penerbangan bisa menghabiskan biaya ratusan juta sampai lulus kuliah. Biaya yang dikeluarkan juga sepadan dengan fasilitas yang disediakan oleh kampus, terlebih saat kuliah praktik.

Salah satu prospek kerja jurusan penerbangan atau aviasi ini adalah menjadi pilot. Biaya kuliahnya bisa mencapai sekitar Rp 500 hingga 800 juta. Meskipun mahal, jurusan ini banyak diminati karena prospeknya yang bagus.

4. Desain Komunikasi Visual

Jurusan termahal lainnya adalah desain komunikasi visual atau sering disebut DKV. Namun, bukan pada biaya semesteran yang membuatnya mahal, melainkan harga alat-alat yang dibutuhkan saat praktikum.

Mahasiswa jurusan DKV membutuhkan peralatan seperti laptop dan kamera dengan spek yang memadai. Seperti diketahui, harga yang dibanderol di pasaran alat-alat tersebut tidaklah murah. Itulah yang membuat jurusan DKV tergolong jurusan dengan biaya mahal.

5. Broadcasting

Selain DKV, jurusan yang serupa yang membutuhkan peralatan yang memadai adalah jurusan broadcasting. Mahasiswa jurusan ini harus mengeluarkan uang puluhan juta untuk membeli peralatan sesuai standar yang dibutuhkan, khususnya saat melakukan produksi.

Itulah lima jurusan kuliah termahal di Indonesia. Meski demikian, kelima jurusan tersebut banyak di minati setiap penerimaan Mahasiswa baru.


editor

Portal Media Informasi, Edukasi dan Peradaban Dunia