Informasi Kami

Alamat : Jln. Line Pipa, Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh

We Are Available 24/ 7. Call Now.

Bireuen – Mahasiswa Kerja Kuliah Nyata Membangun Kampung (KKN-MK) Kelompok 80 dari Universitas Malikussaleh (Unimal), melakukan pendampingan kegiatan Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) di Gampong Pulo Kiton, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen.


Bersama Kader Posyandu masyarakat setempat serta dengan bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dr. Teuku Ilhami Surya Akbar, M. Biomed.

Kegiatan POSBINDU ini dilaksanakan di halaman Meunasah Gampong Pulo Kiton, yang dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB pada hari Jumat tanggal 29 Oktober 2021. Peserta dari kegiatan POSBINDU ini pun didominasi oleh masyarakat lansia dari Gampong Pulo Kiton.


Berbagai fasilitas pelayanan kesehatan disediakan Kader Posyandu Gampong Pulo Kiton, diantaranya yaitu pemeriksaan gula darah dan Hemoglobin (Hb) pada sel darah, serta pemeriksaan asam urat.


Kegiatan POSBINDU ini dipimpin langsung oleh Bidan Desa Gampong Pulo Kiton, Dian Herisa, A.Md.Keb dan dibantu mahasiswa KKN-MK Kelompok 80 Unimal. 

Proses pelaksanaan posbindu ini diawali dengan mengambil nomor antrian agar  posbindu terlaksana dengan tertib dan aman. Kemudian mengisi daftar nama dilanjutkan dengan cek berat badan dan tensi darah. 

Pada proses registrasi awal yaitu cek berat badan (BB) dan cek tensi darah di arahkan langsung oleh Muhammad Juanda Arif selaku ketua  KKN MK kelompok 80 UNIMAL desa pulo kiton, kemudian dibantu oleh 9 anggota mahasiswa kkn lainya untuk diarahkan ke pihak bidan puskemas kota juang agar melakukan cek kesehatan sesuai dengan keluhan penyakit yang dialami oleh masyarakat. 


Pendampingan kegiatan POSBINDU yang dilakukan mahasiswa KKN-MK Kelompok 80 Unimal ini sangat didukung oleh dr. Teuku Ilhami Surya Akbar, M. Biomed selaku DPL mereka. Menurut beliau, kegiatan ini dapat menjadi salah satu pembelajaran yang baik bagi mahasiswa KKN-MK Kelompok 80 Unimal selama pengabdian mereka di Gampong Pulo Kiton. 

Serta dengan adanya kegiatan ini, bisa menjadi salah satu langkah bagi mahasiswa untuk berbaur dan beradaptasi dengan masyarakat. Beliau juga selalu mengimbau kepada  mahasiswa KKN-MK Kelompok 80 Unimal untuk bertingkah laku baik dan menaati Protokol Kesehatan supaya dapat menjaga keamanan kesehatan masyarakat Gampong Pulo Kiton agar tidak terpapar virus Covid-19.

Menurut juanda kegiatan POSBINDU ini sangat berdampak positif terhadap masyarakat khusunya warga lansia maupun pralansia di desa pulo kiton, dikarenakan dengan adanya kegiatan posbindu ini sangat membantu masyarakat agar tercegah dari penyakit yang dapat membahayakan kesehatan, apalagi dengan kondisi pandemi covid 19 ini masyarakat harus was-was dan pandai menjaga diri agar tidak mudah terpapar berbagai jenis penyakit.


administrator